About

Information

Rabu, 02 Desember 2015

Kunjungan ke Koperasi Tantri

Koperasi Tantri adalah sebuah Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) yang telah berdiri sejak 48 tahun lalu, atau tepatnya pada tanggal 9 Desember 1967 yang pada saat itu bernama Koperasi Pegawai Negeri Lembaga Penelitian Tanaman Industri (KPNLPTI) dengan Badan Hukum No. 2835/BH/9-12-1967. KPNLPTI ini bertempat di Jalan Cimanggu No. 1 Bogor dengan Bapak Yusuf Tamin sebagai Ketua.

Koperasi Tantri ini sudah banyak sekali mengalami perubahan, mulai dari nama koperasi, struktur organisasi, hingga Anggaran Dasar. Dengan adanya banyak sekali perubahan ini tentunya membuat koperasi Tantri semakin baik lagi untuk kedepannya.

Sama seperti koperasi lainnya, koperasi Tantri juga memiliki Visi, Misi, dan Motto sebagai berikut :

Visi
Menjadi Koperasi yang mandiri, amanah, dan profesional.

Misi
1. Meningkatkan partisipasi dan memberdayakan anggota.
2. Meningkatkan kesejahteraan anggota.
3. Menjadi gerakan ekonomi rakyat serta ikut membangun tatanan perekonomian.

Motto
Mengemban amanah yang dititipkan anggota untuk meningkatkan kesejahteraan.

Sistem Manajemen di KPRI Tantri ini meliputi kegiatan di bidang organisasi, bidang keuangan dan permodalan, bidang usaha, dan bidang sosial.

1. Bidang Organisasi
Pada awalnya KPRI Tantri memiliki 5-7 pengurus inti dan 3-4 orang seksi usaha, serta 3-5 orang pemeriksa/pengawas. Jumlah keseluruhan anggota koperasi pada saat itu antara 243-491 orang anggota. Namun pada tahun 2008, pengurus inti berjumlah 5 orang (sesuai dengan AD dan ART KPRI Tantri) yaitu Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris I, Sekretaris II dan Bendahara serta dibantu oleh 8 orang Pengurus dan 9 Karyawan.

2. Bidang Keuangan dan Permodalan
Sejak tahun 1988, modal koperasi Tantri berasal dari simpanan anggota dan bantuan modal dari Agribank, yang pembayaran bunganya disubsidi oleh Departemen Pertanian/BKS Deptan. Seiring dengan berjalannya waktu, pengurus berusaha untuk meningkatkan modal sendiri yang berasal dari simpanan anggota dan berusaha untuk membatasi pinjaman dari pihak ketiga. Usaha pengurus ternyata tidak sia-sia, terbukti pada tahun 1991 peringkat koperasi Tantri naik dari Klas C menjadi Klas B.

Kekayaan koperasi Tantri adalah modal simpanan anggota + cadangan. Sejak tahun 1988 sampai sekarang, nilai kekayaan koperasi Tantri terus meningkat. Komposisi laba sebagai sisa hasil usaha (SHU) dibagi berdasarkan presentase sebagai berikut: 25% cadangan, 45% anggota, 10% pengurus, 2,5% pengawas, 5% pengelola dan karyawan, 5% dana pendidikan, 3,5% dana sosial, dan 4% dana pembangunan daerah kerja.

3. Bidang Usaha
Untuk saat ini, bidang usaha koperasi Tantri meliputi udaha toko (sandang pangan, barang sekunder, fotocopy, wartel dan pulsa elektrik, dan payment point), TBB dan TK Bisbul, agribisnis, jasa LSO-Inofice, serta jasa tour & travel.

Usaha simpan pinjam meliputi simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan khusus, simpanan manasuka dan pinjaman anggota, serta pinjaman sementara.

Sedangkan untuk usaha produksi meliputi penyediaan/penjualan benih tanaman industri.

4. Bidang Sosial
Untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, maka koperasi Tantri memberikan dana pralaya dan sumbangan pendidikan kepada anggota. Dana Pralaya sendiri adalah bantuan untuk ahli waris bagi anggota maupun istri/suami yang meninggal dunia, sebesar Rp. 500.000 bagi anggota, dan Rp. 300.000 bagi suami/istri.

Koperasi Tantri juga memberikan sumbangan pendidikan bagi anak anggota terutama untuk golongan I, II, dan tenaga harian/kontrak untuk tingkat SD dan SLTP. Sumbangan diberikan pada awal tahun ajaran baru. Besarnya sumbangan bervariasi tergantung tingkat pendidikan, untuk tingkat SD sebesar Rp. 125.000 sedangkan SLTP sebesar Rp. 150.000.

Susunan pengurus dan pemeriksa Tantri sudah mengalami 9 kalo perubahan, yaitu pada periode 1981-1983, 1985-1987, Juni 1988-Desember 1988, 1989-1990, 1991-1993, 1994-1996, 1997-2002, 2003-2007, 2008-2013.

Susunan Pengurus dan Pemeriksa Tantri Periode 2008-2013

Pembina
1. Kepala Puslitbang Perkebunan
2. Kepala Balittro

Penasehat
1. Prof (R) Dr. Maharani Hasanah
2. Hobir, BA

Pengurus
Ketua  :
Dra. Endang Hadipoentyanti, MS
Wakil Ketua :
Ir. Dedi Soleh Effendi, Ms
Sekretaris I :
Sri Very Hastuti
Sekretaris II :
Dra. Rita Noveriza, M. Sc.
Bendahara :
Dra. Nur Maslahah

Pengawas
Ketua :
Dr. Agus Wahyudi
Sekretaris :
Dr. M. Djazuli
Anggota :
Prof. Dr. I Wayan Laba

Pembantu Pengurus
Penanggung Jawab Simpanan :
Ir. Octivia Trisilawati, M. Sc.
Penanggung Jawab TBB dan TK :
Dra. Endang H, MS
Penanggung Jawab USP :
Heny Trimulyani
Penanggung Jawab Produksi :
Iim Rochimat, SP.
Pembantu Bagian Simpanan :
Enggi Sugiman
Pembantu Bendahara :
Pupung Purnamawati
Pembantu Sekretaris :
Wahyu Hindarti
Pembantu Bagian USP :
Linda Kirana

Karyawan
Manager Bidang Usaha :
Niar Rengganis A.Md.
Pengelola Toko Sandang Pangan :
Dewi Amalia Sari
Pengelola Toko Fotocopy :
Rohmat
Pengelola Toko Payment Poin :
Agus Gunawan
Guru TBB :
Fitria Agustina
Guru TBB dan TK :
Utin Kustinah
Guru TBB dan TK :
Damayanti
Pramu TBB dan TK :
Nia Kurniasih
Satpam :
Achmad Handono

Sumber :
Buku Koperasi Tantri

2 komentar:

  1. blog yang sangat bagus, dan sangat menarik
    thanks

    BalasHapus
  2. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus