About

Information

Kamis, 25 April 2013

Kurangi Polusi & Hemat Pajak, Ford Kembangkan Mesin Ecoboost 1.500 CC

Selasa, 23 April 2013 - 22:08:53 WIB
Kurangi Polusi & Hemat Pajak, Ford Kembangkan Mesin Ecoboost 1.500 CC
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Maraknya produksi mobil berkapasitas mesin 1.500 cc di seluruh dunia membuat pabrikan mobil global Ford Motor Company (FMC) berinovasi. 

Menjelang akan berlangsungnya pameran otomotif The 15th Shanghai International Automobile Industry Exhibition yang akan berlangsung di kota Shanghai – Repubik Rakyat China (RRC) pada tanggal 21–29 April 2013 nanti, Ford sudah bersiap untuk meluncurkan varian baru mesin 1,5 liternya.

Yang dimaksud untuk diperkenalkan oleh Ford adalah varian baru mesin Ecoboost 1.500 cc. Mesin ini sebenarnya pengembangan dari mesin seri Ecoboost Ford yang sudah populer lebih dulu, yakni Ecoboost 1.0 liter dan 1.6 liter. Mesin seri Ecoboost 1.5 liter ini memiliki keunikan di system pendinginnya. 

Dengan pasokan udara yang lebih “dingin”, mesin Ford Ecoboost 1.5 liter ini nantinya akan menghasilkan output tenaga besar dengan konsumsi BBM yang efisien dan kadar gas buang CO2 yang lebih rendah. Teknologi lainnya adalah integrated exhaust manifold yang diadopsi dari mesin Ecoboost 1.0 liter juga akan dipasangkan pada varian 1.5 liter ini. Mesin hemat BBM dan rendah emisi gas buang ini akan diaplikasikan pada produk global mobil sedan Ford, antara lain: sedan Fusion (Amerika Utara) & sedan Mondeo (Eropa dan RRC). 

Salah satu strategi FMC memproduksi mesin Ecoboost 1.5 liter ini adalah untuk menekan pajak kendaraan bermotor (pajak berdasarkan kapasitas mesin), khususnya untuk varian sedan Ford yang sebelumnya bermesin 1.6 liter ke atas. Tidak tanggung-tanggung, pabrikan Ford di seluruh dunia saat ini dapat memproduksi sekitar 1,6 juta unit mesin Ecoboost per tahunnya. 

Ford berharap pada akhir tahun 2013 ini keenam pabriknya yang berlokasi di Eropa, Asia, dan Amerika Utara dapat beroperasi optimal untuk memproduksi kendaraan sedan bermesin Ecoboost. "Teknologi Ford EcoBoost telah mengubah cara pandang konsumen terhadap mesin  berbahan-bakar minyak dan sukses di pasaran," kata Joe Bakaj, Vice President Powertrain Engineering Ford Motor Company. Semoga saja teknologi Ecoboost ini juga akan memasuki pasaran otomotif tanah air. (K-4/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar