About

Information

Rabu, 17 April 2013

Legenda Batu Karang Pantai Papuma Berpenghuni Ular Berbisa

Jumat, 12 April 2013 - 21:58:54 WIB
Legenda Batu Karang Pantai Papuma Berpenghuni Ular Berbisa
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 



Komhukum (Jember) - Banyaknya pantai di Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia membuat masing-masing pantai ini juga memiliki kisah/legendanya tersendiri.

Salah satu yang kita masih jarang dengar adalah legenda mengenai Pantai Papuma. Pantai dengan landmark berupa 7 pulau karang yang membentuk sebuah gugusan unik ini juga memiliki legenda unik.

Pantai Papuma merupakan kependekan dari Pasir Putih Malikan. Batu Malikan merupakan batu karang gepeng yang bentuknya mirip kerang besar yang berserakan di dasar laut.

Karena, memiliki banyak rongga di dalamnya, batu Malikan ini konon akan mengeluarkan bunyi mirip alunan musik perkusi saat diterpa gelombang laut. Masyarakat setempat menyebut ketujuh batu karang besar ini dengan sebutan pulau.

Malahan kalau cuaca sedang bersahabat dan air laut sedang surut, pengunjung bisa berjalan kaki ke gugusan pulau karang ini. Masyarakat setempat memberi nama setiap pulau karang ini. Tapi hanya berjumlah 6 pulau saja yang diberi nama, karena satu pulau karang ini konon dihuni ular berbisa yang jumlahnya sangat banyak.

Karena dihuni ular berbisa, maka tidak seorang pun yang berani menginjakkan kakinya di pulau ini. Keenam pulau karang yang diberi nama tersebut yakni: Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narodo, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang, dan Pulau kodok.

Pulau Kodok dinamakan demikian karena bentuknya mirip seperti kodok raksasa, sedangkan Pulau Narodo bentuknya mirip dengan topi dewa Narada. Dua buah batu karang sebagai landmark Pantai Papuma adalah batu Kajang dan batu Narada. Kedua batu inilah yang paling populer dijadikan latar belakang alami setiap pengunjung yang berkunjung ke sini.

Malahan banyak fotografer sudah mengabadikan kedua batu ini melalui bidikan lensa kameranya. Sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai Papuma yang terletak sekitar 40 Km dari kota Jember, Provinsi Jawa Timur ini juga tidak sulit untuk dicapai bahkan dari kota Surabaya sekali pun. Banyak angkutan umum yang menuju ke tempat ini, jadi tidak perlu kuatir.

Bagi anda yang ingin bermobil dari Surabaya, waspadai rute antara Pasuruan sampai Probolinggo karena terkenal rawan kemacetan. Selamat berkunjung, tapi jangan usik pulau karang berpenghuni ular berbisanya ya. (K-4/Iyo)

0 komentar:

Poskan Komentar