About

Information

Selasa, 02 Juli 2013

Inflasi Tinggi Karena BBM Dinilai Wajar

Selasa, 02 Juli 2013 - 03:41:11 WIB
Inflasi Tinggi Karena BBM Dinilai Wajar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Jakarta) - Wakil Ketua Komisi XI DPR Achsanul Qosasi menilai wajar laju inflasi hingga akhir Juni 2013 tinggi karena kenaikan harga BBM.

"Wajar tahun ini inflasi kita naik karena dipicu oleh kenaikan harga BBM. Ini sifatnya sementara. Mudah-mudahan gejolak ini bisa segera ditekan dalam beberapa bulan ke depan," kata Achsanul usai menguji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia di Gedung DPR, Jakarta, Senin (01/07).

Achsanul mengimbau BI bisa memenuhi kebutuhan rupiah, terutama menjelang Ramadhan. "Kalau saat ini dolar AS semakin menguat, pasar harus segera `disiram` oleh BI dengan begitu banyak dolar agar lebih pasti," katanya.

Namun dia mengakui kebijakan tersebut dikhawatirkan akan berdampak pada cadangan devisa. "Karena itu, harus diatur aliran dananya bagaimana agar tidak bersamaan dengan kondisi pasar di Indonesia," katanya.

Dia mengatakan pemerintah juga wajib menjaga keseimbangan akan permintaan dan pasokan, terutama menjelang Ramadhan. "Karena itu BI wajib mengelola inflasinya," katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi Juni 2013 sebesar 1,03 persen, sehingga inflasi Januari-Juni 2013 mencapai 3,35 persen dan inflasi year on year Juni 2012 sebesar 5,9 persen. Inflasi disumbang dari komponen inflasi umum sebesar 1,03 persen dan inflasi inti 0,32 persen.

Berdasarkan kelompok pengeluaran, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan mengalami inflasi tertinggi yakni 3,8 persen diikuti bahan makanan yang menyumbang inflasi 1,17 persen.

Laju inflasi tinggi karena kenaikan harga BBM juga terjadi pada Juni 2008 yang menyentuh angka 2,46 persen karena dipicu kenaikan harga BBM bersubsidi pada Mei 2008. (K-4/EIO)

1 komentar: