About

Information

Senin, 01 Juli 2013

Kalahkan Uruguay, Italia Juara Tiga Piala Konfederasi

Senin, 01 Juli 2013 - 11:01:15 WIB
Kalahkan Uruguay, Italia Juara Tiga Piala Konfederasi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sepak Bola 


Komhukum (Salvador de Bahia) - Italia meraih peringkat ketiga di Piala Konfederasi pada Minggu (Senin WIB) setelah mengalahkan Uruguay 3-2 melalui adu penalti, setelah kedua tim bermain imbang 2-2 pada waktu normal ditambah perpanjangan waktu di Salvador.

Meski 200 juta pasang mata warga Brazil telah terkunci pada final yang dimainkan malam hari antara tuan rumah melawan juara dunia Spanyol, para penggemar Italia dan Uruguay berkumpul di kota utara untuk menyaksikan perebutan medali perunggu yang dibawa pulang Italia setelah kapten Gianluigi Bufon menggagalkan eksekusi penalti Diego Forlan, Martin Caceres, dan Walter Gargano.

Meski suhu cukup panas pada sore hari kedua tim memainkan pertandingan yang menghibur ketika Italia, yang disingkirkan Spanyol di semifinal - juga melalui adu penalti - menundukkan rival mereka yang disingkirkan Brazil pada semifinal lainnya.

Alessandro Diamanti sepertinya akan memastikan kemenangan timnya di waktu normal di Stadion Arena Fonte Nova ketika ia melepaskan tendangan bebas melengkung yang bersarang ke sisi kiri gawang Uruguay tanpa dapat dihentikan kiper Fernando Muslera pada menit ke-73.

Namun Edinson Cavani juga melepaskan tendangan bebas yang berbuah gol saat waktu normal tinggal menyisakan 12 menit untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2 ketika tim Amerika Selatan itu berjuang untuk mengakhiri rentetan enam kekalahan dari tujuh pertandingan perebutan medali perunggu di Piala Dunia, Piala Amerika, dan Piala Konfederasi.

Perpanjangan waktu selama 30 menit tidak dapat menentukan pemenang, maka pertandingan harus diteruskan dengan adu penalti.

Forlan - yang juga gagal mencetak gol dari titik putih saat melawan Brazil - menyia-nyiakan eksekusinya dan meski Cavani dan Luis Suarez melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai eksekutor, hal itu tidak cukup, karena Alberto Aquilani, Stephan El Shaarawy, dan Emanuele Giaccherini juga sukses mengeksekusi penalti.

Pada pertandingan antara dua negara yang berbagi empat gelar Piala Dunia pertama Italia, yang tidak pernah mencetak lebih dari dua gol di turnamen ini, mencetak gol pertama pada menit ke-24 ketika Davide Astori meneruskan bola tendangan bebas Diamanti yang membentur tiang gawang dan mengenai tubuh Muslera.

Namun Uruguay mampu menyamakan kedudukan sebelum menit ke-60 melalui laju Cavani, yang dituntaskan penyerang Napoli ini dengan sepakan kaki kiti mendatar melewati Buffon.

Cavani sebelumnya sudah mencetak gol melalui tandukan kepala, namun dianulir karena offside.

Pelatih Italia Cesare Prandelli, yang harus kehilangan penyerang Mario Balotelli karena cedera pada awal turnamen, dapat memainkan Alberto Gilardino meski ia mengalami sedikit cedera saat melawan Spanyol, di mana pemain Bologna itu berduet dengan bintang AC Milan El Shaarawy di lini depan.

Uruguay, yang masih unggul 3-2 atas Italia dalam catatan sejarah mereka dengan tiga hasil imbang sebelum pertandingan Minggu, kesulitan menemukan irama pada kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Latin mereka, meski pada turnamen ini mereka berhasil tampil cukup baik.

Pada setengah jam terakhir, Muslera menggagalkan upaya Aquilani sebelum Italia mendapatkan pukulan pada menit ke-110 akibat Riccardo Montolivo mendapat kartu kuning kedua.

Uruguay menambah kecepatan pada menit-menit terakhir, Cavani memiliki dua peluang dan sepakan Suarez tidak tepat sasaran dan Buffon dengan berani menggagalkan peluang gelandang Inter Milan Gargano untuk memaksa pertandingan ditentukan dengan adu penalti. (K-5/el)

0 komentar:

Poskan Komentar