About

Information

Selasa, 02 Juli 2013

Terasering di Gunung Padang Mulai Tersingkap

Selasa, 02 Juli 2013 - 03:53:42 WIB
Terasering di Gunung Padang Mulai Tersingkap
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Jakarta) - Bentuk terasering yang selama ini terkubur di lereng Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat, mulai tersingkap, bentuknya beberapa mirip dengan yang ada di situs Machu Picchu, Peru.

Temuan itu terungkap dari hasil eskavasi yang dilakukan di lereng timur Gunung Padang oleh Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang bersama puluhan arkeolog dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB), dan warga sekitar pada 24 hingga 28 Juni 2013.

"Penggalian ini berfokus pada struktur di usia 600 Sebelum Masehi atau termuda dibanding lapisan bangunan atau peradaban di bawahnya dan berlokasi di lereng timur situs Gunung Padang," kata Ketua Tim Arkeologi dari Tim Terpadu Riset Mandiri Situs Gunung Padang, Dr Ali Akbar, saat dihubungi dari Jakarta.

Meski lapisan tanah yang menimbun struktur bangunan belum dikupas seluruhnya, penggalian terakhir berhasil mengungkap beberapa "contoh" bentuk terasering dan memperkuat hasil penelitian tim terpadu sebelumnya tentang keberadaan struktur bangunan di bawah situs Gunung Padang.

Berdasarkan hasil penelitian selama Juni 2013, luasan situs Gunung Padang juga dikoreksi dari 900 meter persegi menjadi 15 hektare. Penelitian Tim Terpadu Riset Mandiri Situs Gunung Padang masih berlanjut. "Hari Minggu ini saya ada di lokasi lagi. Melanjutkan riset," ujar Ali Akbar.

Penelitian di Situs Gunung Padang dilakukan sejak November 2011. Setelah penelitian selama hampir dua tahun, diketahui bahwa Situs Gunung Padang bukanlah situs sederhana melainkan struktur bangunan yang sangat besar.

Para peneliti memperkirakan luas situs itu 10 kali luas Candi Borobudur di Jawa Tengah. Tim geologi memperkirakan susunan batu pada setiap lapisan dalam struktur yang ada di Gunung Padang berbeda usianya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar