About

Information

Jumat, 31 Mei 2013

IQ Tinggi Unggul Lihat Objek Bergerak

Jumat, 31 Mei 2013 - 00:21:15 WIB
IQ Tinggi Unggul Lihat Objek Bergerak
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Pemilik tingkat kecerdasan (IQ) tinggi unggul dalam melihat objek kecil dan benda bergerak, demikian   penelitian yang diterbitkan Cell Press Journal Current Biology.

Tugas atau latihan visual sederhana ini dapat mengukur kemampuan bawah sadar otak untuk menyaring gerakan visual.

Studi ini menunjukkan bahwa otak pada pemilik IQ tinggi otomatis lebih selektif ketika mengamati objek bergerak. Mereka cenderung menekan objek besar dan gerak latar belakang yang kurang relevan, seperti dilansir dari laman University of Rochester.

Tes ini adalah penilaian murni sensorik pertama, berkorelasi dengan IQ dan dapat memberikan alat non-verbal serta budaya objektif bagi para ilmuwan yang ingin memahami proses saraf berhubungan dengan kecerdasan umum.

"Karena kecerdasan adalah suatu konstruk yang luas, Anda tidak bisa benar-benar melacak kembali ke salah satu bagian otak," ujar peneliti dan asisten profesor ilmu otak dan kognitif di University of Rochester, Duje Tadin,

"Tapi karena tugas ini sangat sederhana dan sangat terkait erat dengan IQ, mungkin memberi kita petunjuk tentang apa yang membuat otak lebih efisien dan cerdas," ujar dia.

Penelitian ini diterbitkan di Cell Press Journal Current Biology oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Tadin dan Michael Melnick, seorang kandidat doktor di ilmu otak dan kognitif di University of Rochester.

Dalam melakukan penelitian, para ilmuwan meminta sejumlah individu menonton video singkat balok bergerak pada layar komputer. Individu ini diminta menyatakan apakah balok bergerak ke kiri atau ke kanan.

Balok disajikan dalam  tiga ukuran, dengan versi terkecil yang terbatas pada lingkaran pusat di mana persepsi gerak manusia dikenal menjadi optimal.

Para peneliti kemudian mengukur berapa lama video diputar sebelum individu mampu menebak gerakan dengan benar. Hasilnya, individu dengan IQ tinggi dapat menangkap pergerakan benda-benda kecil lebih cepat ketimbang individu dengan IQ rendah.

Seperti yang diharapkan, orang-orang dengan skor IQ yang lebih tinggi lebih cepat dalam menangkap gerakan balok ketika mengamati gambar terkecil. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar