About

Information

Jumat, 31 Mei 2013

KPU NTT Gelar Pra Rekapitulasi Suara, Ratusan Polisi Disiagakan

Jumat, 31 Mei 2013 - 13:37:48 WIB
KPU NTT Gelar Pra Rekapitulasi Suara, Ratusan Polisi Disiagakan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Kupang) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur akan menggelar rapat pra-pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur periode 2013-2018 (Pilkada NTT).

"Pra-pleno yang melibatkan seluruh jajaran KPU dari 21 kabupaten/kota ini untuk membahas berbagai persiapan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi pada tanggal 1 Juni," kata Juru Bicara KPU Provinsi NTT Djidon de Haan di Kupang, Jumat (31/05).

"Agenda hari ini adalah pra-pleno. Paling lambat siang ini, KPU dari seluruh kabupaten/kota sudah berada di Kupang dan pada petang harinya, kami akan menggelar pra-pleno untuk persiapan pleno pada 1 Juni," kata mantan Asisten Tata Praja Setda NTT itu.

Dia tidak merinci agenda yang akan dibahas dalam pra-pleno itu, tetapi intinya adalah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara, sekaligus menetapkan pasangan calon terpilih.

Sementara itu, sejak pagi, pengamanan di sekitar Sekretariat KPU yang terletak di jalan Polisi Militer sudah mulai dilakukan.

Wakil Kepala Kepolisian Resort Kupang Kota, Komisaris Polisi Julian Perdana mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 576 personel kepolisian untuk mengamankan jalannya pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT, Sabtu (1/06).

"Kami ingin memastikan proses pelaksanaan rekapitulasi yang dilakukan KPU bisa berlangsung aman," ucap Julian Perdana.

Dia mengatakan, ratusan polisi tersebut dilengkapi mobil water canon serta ditambah personel Brimob dan TNI.

Menurut dia, ada tiga fokus pengamanan yang dilakukan polisi saat pleno rekapitulasi penghitungan suara yakni gedung kantor KPU, kegiatan dan tahapan rekapitulasi pleno penghitungan suara, serta anggota dan pegawai KPU setempat.

Djidon meminta masyarakat untuk bersabar dan menunggu hasil yang akan diumumkan KPU sebagai lembaga yang diberi kepercayaan oleh Undang-undang untuk melaksanakan pemilu.

Sementara itu penghitungan suara Pilkada NTT putaran kedua di KPU kabupaten sudah berakhir. Sesuai data yang dihimpun, pasangan Frans Lebu Raya-Benny Litelnoni unggul sementara dengan 1.065.265 suara atau 51,41% dari suara sah 2.071.951 suara, sedangkan pasangan Esthon Foenay-Paul Tallo mengumpulkan 1.006.686 suara atau 48,89%.

"Pleno rekapitulasi dari 21 kabupaten/kota memang sudah selesaikan dilakukan hanya menunggu pleno KPU provinsi untuk menetapkan calon terpilih," tutur Djidon de Haan.

Dia juga menghimbau masyarakat untuk tetap menunggu dan menghormati apa yang akan dihasilkan dalam proses dan tahapan rekapitulasi di KPU, karena semuanya itu sudah melalui tahapan yang sesuai undang-undang yang ada. (K-2/yan)

0 komentar:

Poskan Komentar