About

Information

Jumat, 31 Mei 2013

KTT Keamanan Asia Akan Bahas Soal Korut

Jumat, 31 Mei 2013 - 00:21:47 WIB
KTT Keamanan Asia Akan Bahas Soal Korut
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Seoul) - Menteri Pertahanan Korea Selatan Kim Kwan-jin akan bertemu menteri pertahanan dari Amerika Serikat, Jepang dan pemain regional lainnya di satu forum keamanan di Singapura untuk membahas Korea Utara dan isu-isu lainnya, demikian disampaikan kantor kementerian, Kamis (30/05).

KTT Keamanan Asia, yang juga disebut Dialog Shangri-La, akan diadakan selama tiga hari mulai Jumat, dengan dihadiri para kepala pertahanan, pemimpin militer dan para ahli keamanan dari 27 negara di kawasan Asia-Pasifik dan Eropa.

Forum akan membahas keamanan yang menekankan tantangan geopolitik di Asia-Pasifik, termasuk program nuklir dan peluru kendali Korea Utara, ketegangan yang sedang berlangsung atas Laut China Selatan dan sengketa teritorial antara China dan Jepang, menurut lamannya.

Di sela-sela forum keamanan, Kim akan melakukan pertemuan bilateral dengan kepala pertahanan AS Chuck Hagel untuk membahas ketegangan di Semenanjung Korea menyusul provokasi dan ancaman Korea Utara baru-baru ini, kata kantornya. Keduanya akan bertemu langsung untuk pertama kalinya sejak pelantikan Hagel pada akhir Februari, demikian laporan Yonhap.

Para sekutu juga akan melakukan pertemuan trilateral dengan timpalannya Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera untuk membahas cara-cara meningkatkan kerja sama di kawasan Asia-Pasifik, kata kementerian itu.

Selama forum, Kim secara terpisah akan melakukan pertemuan dengan perwakilan dari Australia, Jerman, Indonesia dan Mongolia untuk memperluas hubungan pertahanan antara bangsa-bangsa.

Indonesia juga akan ikut ambil bagian dalam forum keamanan Dialog Shangri-la itu. "Partisipasi Korea Selatan dalam dialog ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran internasional akan situasi keamanan di Semenanjung Korea dan memperdalam hubungan dengan negara-negara besar di kawasan Asia-Pasifik," kata kementerian itu dalam satu pernyataan. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar