About

Information

Jumat, 24 Mei 2013

Africa Day Pupuk Solidaritas Negara Benua Hitam

Jumat, 24 Mei 2013 - 01:38:56 WIB
Africa Day Pupuk Solidaritas Negara Benua Hitam 
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Peringatan Africa Day atau Organisasi Kesatuan Afrika (OAU) ke-50 pada hari ini (Kamis) menjadi wadah untuk memupuk solidaritas negara-negara di Afrika.

"Africa Day yang dirayakan setiap tahun ini memiliki peran penting sebagai sejarah solidaritas dan persatuan di antara rakyat di benua Afrika," kata Duta Besar Zimbabwe untuk Indonesia Alice Mageza saat peringatan OAU ke-50 di Wisma Antara, Jakarta, Kamis (23/05).

Afrika Day sendiri sebenarnya jatuh pada 25 Mei, namun karena bertepatan dengan hari Sabtu maka diperingati hari ini. Mageza menegaskan usia emas OAU menandakan eksistensinya sejak terbentuknya African Union (AU) pada July 2002.

"Di peringatan tahun ini, kita memperjuangkan kebebasan berpolitik, emansipasi ekonomi dan perkembangan sosial ekonomi di negara-negara Afrika," katanya.

Mengusung tema "2013, Year of Pan-Africanism and African Renaissance", dia menjelaskan negara-negara di Afrika memperjuangkan kemerdekaan dari perbudakan serta pascakemerdekaan dan pembentukan negara.

"Afrika harus bebas dari penjajahan dan menjadi benua bebas dan menggali identitasnya yang menjadi ikhtiar setiap manusia," katanya.  (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar