About

Information

Rabu, 15 Mei 2013

Arsenal Singkirkan Wigan Dari Liga Utama

Rabu, 15 Mei 2013 - 07:32:07 WIB
Arsenal Singkirkan Wigan Dari Liga Utama
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sepak Bola 


Komhukum (London) - Wigan Athletic menjadi tim pertama yang terdegradasi dari kompetisi strata tertinggi pada tahun yang sama ketika mereka menjuarai Piala FA setelah kalah 1-4 dari tuan rumah Arsenal. Lukas Podolski mencetak dua gol dalam laga Liga Utama Inggris pada hari Selasa (Rabu WIB) itu.

Kemenangan ini membuat Arsenal berada di posisi terdepan untuk mengklaim peringkat keempat dan satu tempat untuk Liga Champions musim depan.

Mereka unggul satu angka atas tim London lainnya Tottenham Hotspur, yang menghuni peringkat kelima, sementara putaran terakhir kompetisi akan dimainkan pada hari Mingu.

Wigan beberapa kali mampu menyelamatkan diri dari ancaman degradasi pada beberapa musim belakangan. Namun keberuntungan mereka sirna di Stadion Emirates yang diguyur hujan hanya tiga hari setelah mereka mengalahkan Manchester City 1-0 di Wembley untuk menjuarai Piala FA untuk pertama kalinya.

"Saya tidak pernah mengharapkan hal ini terjadi, kelompok pemain ini tidak layak menerima hal ini," kata pelatih Wigan Roberto Martinez. 

Betapa tidak, kekalahan atas Arsenal terebut diderita wigan setelah mereka merebut piala FA dengan mengalahkan Manchester City.

"Memenangi Piala FA adalah hal yang menakjubkan, namun ini adalah hari yang berat bagi klub," katanya.

Pada pertandingan lainnya di hari yang sama, Manchester City, yang memecat pelatih Roberto Mancini, mereka menang 2-0 atas tuan rumah Reading yang sudah dipastikan terdegradasi di mana dua penyerang Sergio Aguero dan Edin Dzeko mencetak gol larut pada masing-masing babak.

Di Stadion Emirates, Arsenal mendominasi 20 menit pertama dan membuka keunggulan pada menit ke-11 ketika Lukas Podolski menanduk bola dari jarak enam meter setelah pertahanan Wigan gagal mengantisipasi tendangan penjuru.

Tim tamu mampu menyamakan kedudukan ketika wasit Mike Dean memberikan hukuman tendangan bebas terhadap tekel yang dilakukan Mikel Arteta kepada pemain Wigan Shaun Maloney di luar kotak penalti beberapa saat sebelum turun minum.

Tendangan bebas Maloney melengkung di atas dinding pemain dan melesat ke bagian kiri Wojciech Szczesny. Setelah itu Dean mendapat ejekan dari para pendukung tuan rumah saat ia meniup peluit tanda babak pertama usai.

Karakter Arsenal Babak kedua berjalan sengit, laga berlangsung seimbang sampai penyerang Arsenal Theo Walcott menyambar umpan silang dari kanan yang dikirimkan Santi Cazorla untuk diteruskan ke gawang Wigan dengan kekuatan penuh pada menit ke-63.

Lima menit kemudian, keunggulan itu diperbesar menjadi dua gol setelah Cazorla merangsek ke depan, dan Podolski kemudian menuntaskan serangan ketika ia mencungkil bola melewati kiper Joel Robles.

Arsenal unggul 4-1 ketika Aaron Ramsey berada bebas di sisi kiri dan berlari ke area pertahanan Wigan sebelum mencetak gol penutup.

"Wigan baru saja memenangi piala yang fantastis dan kami tahu ini akan sulit. Kami memperlihatkan karakter kami dan pada babak kedua kami memperlihatkan kami ini terbuat dari apa," kata Walcott.

Wigan, yang telah berkompetisi di Liga Utama Inggris sejak musim tahun 2005/2006, memiliki 35 angka dengan satu pertandingan tersisa, empat angka lebih sedikit dari Sunderland yang berada di peringkat ke-17. Klub juru kunci Queens Park Rangers sudah lebih dahulu terdegradasi bersama dengan Reading.

Arsenal selalu lolos ke Liga Champions sejak diasuh oleh Arsene Wenger pada tahun 1996. Mereka akan melawat ke markas Newcastle United pada hari Minggu dengan mengetahui bahwa mereka dapat menggaransi tiket Eropa tersebut jika mampu menang.

Sementara Spurs dengan mengoleksi 69 angka berbanding 70 angka milik Arsenal, akan  menjamu Sunderland.

Tim juara Manchester United dan pemegang gelar musim lalu Manchester City telah mengunci tempat mereka masing-masing di fase grup Liga Champions.

Tim peringkat ketiga Chelsea juga sudah pasti lolos ke Liga Champions namun Arsenal, yang tertinggal dua angka dari klub London Barat itu, dapat melampui mereka untuk tiket terakhir ke fase grup. Tim peringkat kempat harus memainkan playoff Liga Champions.

Tiga tim yang terdegradasi dari Liga Utama Inggris akan digantikan oleh Cardiff City, yang memenangi gelar strata kedua Championship, dan Hull City. Crystal Palace dan Watford akan bertemu di final playoff pada tanggal 27 Mei untuk menentukan tim ketiga yang berhasil promosi. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar