About

Information

Selasa, 28 Mei 2013

GNC Umumkan Mendagri Baru Libya

Selasa, 28 Mei 2013 - 08:24:10 WIB
GNC Umumkan Mendagri Baru Libya
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Tripoli) - Kongres Umum Nasional Libya (GNC), badan politik tertinggi di negara itu mensahkan pengangkatan Mohammed Khalifa al-Sheikh sebagai menteri dalam negeri baru setelah pendahulunya mengundurkan diri.

"Anggota-anggota Kongres Umum Nasional pada Minggu larut malam memberikan suara yang mendukung Mohamed Khalifa al-Sheikh yang diusulkan perdana menteri untuk menggantikan Ashur Shwayel yang mengundurkan diri," kata GNC di Tripoli, Senin (27/05).

"Sheikh telah diambil sumpahnya dan segera memulai tugasnya," kata dewan itu dalam sebuah pernyataan.

Satu sumber pemerintah mengatakan bahwa Shwayel, yang menduduki pos itu sejak bulan November 2012, mengajukan pengunduran dirinya kepada Perdana Menteri Ali Zeidan pada awal bulan Mei karena alasan-alasan pribadi.

Namun, menurut sumber tersebut, pengunduran dirinya itu didorong oleh pensahan sebuah undang-undang pada tanggal 5 Mei yang melarang mantan anggota rejim terguling Muamar Khaddafi menduduki kursi pemerintahan.

Shwayel memegang sejumlah jabatan senior di bidang keamanan pada rejim terdahulu, khususnya di kota Benghazi, Libya Timur.

Selama bertugas, ia menghadapi kelompok thuwar, mantan pemberontak yang berjuang melawan rejim Khaddafi selama pemberontakan bersenjata Libya pada tahun 2011 dan menolak menyerahkan senjata mereka.

Sheikh (57) menghadapi tugas berat menegakkan hukum dan ketertiban di negara Afrika Utara itu, dimana senjata-senjata peninggalan konflik masih banyak ditemukan.

Pemerintah baru Libya hingga kini masih berusaha mengatasi banyaknya individu bersenjata dan milisi yang memperoleh kekuatan selama konflik bersenjata yang menggulingkan Khaddafi.

Khaddafi (68), pemimpin terlama di dunia Arab dan telah berkuasa selama empat dasawarsa dan bersikeras akan tetap berkuasa meski ia ditentang banyak pihak, diumumkan tewas oleh kelompok pemberontak Dewan Transisi Nasional (NTC) pada tanggal 20 Oktober 2011.

NTC yang mempelopori pemberontakan untuk menggulingkan pemerintah Khaddafi, mendeklarasikan pembebasan Libya tiga hari setelah penangkapan dan pembunuhan orang kuat itu pada tanggal 20 Oktober.

Selama konflik, dewan itu mengatur permasalahan kawasan timur Libya yang dikuasai pemberontak dan melobi keras untuk pengakuan diplomatik dan perolehan dana untuk mempertahankan perjuangan berbulan-bulan dengan tujuan mendongkel kekuasaan Khaddafi. (K-2/yan)

0 komentar:

Poskan Komentar