About

Information

Selasa, 28 Mei 2013

Jokowi: KJS Tidak Boleh Untuk Alasan Kosmetik

Selasa, 28 Mei 2013 - 17:29:54 WIB
Jokowi: KJS Tidak Boleh Untuk Alasan Kosmetik
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Jakarta) - Sekitar 100 orang warga Kecamatan Pasar Rebo menerima
Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang langsung dibagikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, Jl Raya Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Dalam kesempatan itu Gubernur DKI Jakarta, Jokowi menjelaskan dengan menggunakan kartu tersebut kini warga akan mendapat pelayanan kesehatan secara cuma-cuma.

"Selama itu karena indikasi medis akan dijamin. Tapi kalau untuk alasan kosmetik ya ndak (tidak-red) boleh," ujar Jokowi, Selasa (28/05).

Jokowi juga menjelaskan tentang alur pelayanan KJS yang dilaksanakan berjenjang, warga dianjurkan memeriksakan penyakitnya terlebih dahulu ke Puskesmas yang ada di wilayahnya.

Selain itu, untuk mendapat pelayanan di rumah sakit pun harus melalui rujukan dari Puskesmas domisili warga.

"Jadi, jangan sedikit-sedikit langsung ke rumah sakit. Masa iya kalau sakit panu saja langsung ke rumah sakit. Tapi kalau mendesak sakitnya ya bisa langsung, tapi setelah itu diurus rujukannya," lanjutnya.

Di tengah dialog yang dilakukan, Jokowi sempat mendengar keluh kesah seorang ibu bernama Nila Aryani yang mengadu kesulitan biaya saat akan mengoperasi kistanya. Nila mengatakan dirinya dikenakan biaya Rp. 4 juta sampai R. 5 juta untuk operasi di RS Fatmawati. Karena tidak sanggup dia mundur dan berniat mengobati penyakitnya di RSUD Pasar Rebo.

Mendegar keluhan tersebut, Jokowi segera meminta Kepala Dinas Kesehatan Dien Emmawati yang turut mendampinginya untuk segera menangani Nila. Seterusnya Nila pun langsung dibantu oleh pihak Puskesmas untuk diproses pengobatannya di RS Fatmawati. (K-2/Shilma)

0 komentar:

Poskan Komentar