About

Information

Jumat, 03 Mei 2013

Oposisi Suriah Kecam Pembantaian Banias

Jumat, 03 Mei 2013 - 18:40:28 WIB
Oposisi Suriah Kecam Pembantaian Banias
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Beirut) - Kelompok oposisi Suriah mengecam pembantaian besar-besaran pasukan pemerintah dan anggota milisi terhadap desa bermayoritas Sunni, Bayda, di bagian baratlaut yang membuat sedikitnya 50 orang tewas.

"Koalisi menyerukan kepada Liga Arab dan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk bertindak cepat guna menyelamatkan warga sipil di Bayda, Banias dan desa-desa lainnya di seluruh Suriah," kata Koalisi Nasional Suriah seperti dikutip AFP.

Desa Bayda terletak di pinggiran selatan kota berpenduduk mayoritas Alawiyah, kata ketua Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia Rami Abdel. Kantor Berita Resmi Suriah, SANA, mengatakan tentara membunuh "teroris" yang adalah istilah rezim untuk para pemberontak.

"Beberapa orang dieksekusi, ditembak mati, ditikam atau dibakar," kata Observatorium yang mendapatkan indormasi dari jaringan aktivis dan petugas kesehatan lapangan. "Puluhan warga sipil dari Bayda hilang, dan kami tidak tahu apakah mereka ditangkap, dibunuh atau melarikan diri, "kata Abdel Rahman.

Wilayah Banias ini sebagian besar dihuni kaum Syiah Alawiyah yang merupakan kelompok Presiden Bashar al-Assad, sementara para pemberontak terutama berasal dari kelompok Sunni.

Tiga kota di pesisir utama --Banias, Latakia dan Tartus-- serta daerah sekitarnya adalah jantung Alawiyah yang menurut para analis akan menjadi tempat berlindung Bashar jika rezimnya jatuh. "Rezim tidak akan mengizinkan kehadiran gerilyawan di daerah ini," kata Abdel Rahman seperti dikutip AFP. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar