About

Information

Jumat, 17 Mei 2013

Popularitas Jokowi Kalahkan Para Tokoh Nasional

Jumat, 17 Mei 2013 - 19:20:02 WIB
Popularitas Jokowi Kalahkan Para Tokoh Nasional
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Hasil survei terbaru yang dirilis Media Survei Nasional (Median) menyebut Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi lebih difavoritkan menjadi capres ketimbang pimpinan di partai, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun menjelaskan Jokowi memiliki tingkat popularitas tertinggi hingga mencapai angka 92 persen. 

Bahkan menurutnya, mantan walikota Solo itu juga menggeser popularitas nama-nama capres yang kerap diperbincangkan publik. 

Dalam survei itu, nama mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menempati peringkat kedua dengan popularitas sebesar 91,8 persen, Megawati 91,3 persen, Aburizal Bakrie 82,6 persen dan Prabowo Subianto 78,7 persen.

"Dari 30 nama yang diajukan kepada responden di dalam survei, faktanya mayoritas responden lebih mengenal sosok Jokowi. Ini fenomenal, mengingat dari segi ketokohan, Jokowi yang merupakan tokoh lokal tetapi bisa mengalahkan tokoh-tokoh nasional seperti Megawati, Jusuf Kalla, Prabowo dan Aburizal Bakrie," katanya kepada media di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/05).

Rico menambahkan, kepemimpian Jokowi harus diakui telah merebut perhatian mayoritas pemilih. Lantaran dari sisi popularitas Jokowi terlihat kuat di masyarakat sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Selain itu, gayanya yang merakyat sangat cocok dengan harapan masyarakat kebanyakan terhadap sifat capres. Berdasarkan survei terlihat bahwa sifat merakyatnya dianggap paling penting oleh pemilih yaitu sebesar 82,7 persen, diikuti sifat jujur sebesar 27,5 persen, tegas 43 persen dan pandai 42,5 persen," imbuh Rico.

Survei Median ini dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia pada tanggal 28 April hingga 6 Mei 2013 lalu dengan jumlah responden sebanyak 1.600 orang berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah. 

Survei ini juga dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,57 persen serta dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar