About

Information

Jumat, 03 Mei 2013

Satu Desa Tiga Pantai Cuma Ada di Desa Sekongkang

Selasa, 30 April 2013 - 11:37:56 WIB
Satu Desa Tiga Pantai Cuma Ada di Desa Sekongkang
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Jakarta) - Anda mau berenang, berjemur, bermain pasir, berjalan-jalan atau sekedar bersantai bisa anda lakoni di sebuah desa di Pulau Sumbawa – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Di sana terdapat sebuah desa bernama Sekongkang yang memiliki tiga pantai sekaligus dalam satu pesisir lautnya. Ketiga pantainya memiliki karakter yang berbeda lho, makanya kita bisa melakukan berbagai aktivitas pantai di dalam satu area Desa Sekongkang ini.Yuk kita jelajahi satu-persatu pantainya.

Pantai Lawar adalah pantai pertama yang akan kita jelajahi. Pantai ini paling ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan dan hari libur nasional. Pantai ini dikelilingi perbukitan di sisi kanan dan kirinya. Ombak di pantai ini juga relatif tenang kok, jadi kalau anda ingin berenang atau sekedar bermain air bisa mampir di tempat ini. Malahan di pantai ini terdapat diving spot yang populer diselami oleh wisatawan mancanegara lho.

Bergeser ke wilayah pantai kedua di Desa Sekongkang anda akan menemui sebuah pantai dengan intensitas ombak besar yang sangat memadai bagi penggemar olahraga surfing/selancar. Pantai ini bernama Pantai Rantung, lokasinya sekitar 3 Km ke arah utara Pantai Lawar. Konon di lokasi ini terdapat ombak dengan julukan “Ombak Yoyo”.

Menurut para surfer internasional yang rajin berselancar di sini, ombak yang naik turun seperti permainan yoyo ini hanya terdapat pada bulan Juni s/d Oktober saja. Karena pantai ini ramai dikunjungi oleh turis manca negara, tersedia penginapan yang terdapat di area pantaiini.

Namun alat surfing tetap harus anda bawa sendiri karena tidak ada fasilitas rentalnya di lokasi ini.

Pantai yang ketiga adalah sebuah pantai dengan pasir putih berbutir halus seperti tepung, yakni Pantai Trophy. Pantai dengan dekorasi alami berupa bukit bebatuan dan air laut berwarna turquoise ini ideal untuk bersantai atau sekedar bermain air saja. 

Pastinya panorama Pantai Trophy ini banyak diabadikan pengunjungnya melalui lensa kamera, maklum karena keren banget pemandangannya.Pastinya tidak bakalan menyesal deh ke pantai indah berbentuk tapal kuda ini.

Akses masuk ke semua pantai ini gratis kok, namun berbagai fasilitas akomodasi di tempat ini terbatas jumlahnya. Penginapan hanya ada satu, penjual makanan dan minuman juga bisa dihitung dengan jari.

Desa dengan tiga pantai ini terletak di Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat – Provinsi NTB. Untuk mencapai tempat ini dari kota Mataram (P. Lombok) kita harus naik kapal ferry selama 2 jam dari Pelabuhan Kayangan (Kab. Lombok Timur) menuju Pelabuhan Poto Tano (ujung barat P. Sumbawa) dilanjutkan dengan perjalanan darat sejauh 56 Km sampai anda tiba di kawasan Sekongkang. 

Ada angkutan umum yang menghubungkan pelabuhan Poto Tano dengan terminal Maluk, namun dari terminal Maluk menuju Sekongkang anda harus naik ojek selama sekitar 20 menit perjalanan dengan biaya sekitar Rp. 50.000.

Alternatifnya dengan charter mobil seharga Rp. 500.000 s/d Rp 700.000 untuk sekali jalan dari Poto Tanoke Sekongkang. Mahal? Sebanding kok dengan keindahan pantai yang akan anda kunjungi!(K-5/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar