About

Information

Jumat, 24 Mei 2013

Toyota Varian Prius Gunakan Baterai Jenis Baru

Rabu, 22 Mei 2013 - 09:05:45 WIB
Toyota Varian Prius Gunakan Baterai Jenis Baru
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Perihal penggunaan baterai, setiap alat apa pun pastilah memerlukan penggantian baterai suatu saat. Hal ini tidak terlepas dari prinsip kerja dan bahan pembuat baterai yang memiliki umur pakai. 

Sama halnya dengan mobil bermesin hybrid (menggunakan mesin bensin dan mesin listrik) yang juga memakai baterai sepagai catu daya motor listriknya.

Seperti mobil hybrid paling populer pabrikan Jepang, Toyota Prius. Toyota sejak awal memproduksi varian Prius dengan mesin hybrid dan konsisten sampai sekarang. Bahkan menurut informasi resmi situs www.toyota.co.id, saat ini di seluruh dunia sudah beredar Toyota Prius sebanyak 5 juta unit! 

Jumlah yang tidak sedikit ini sesuai dengan informasi dari prinsipal Toyota yang memproduksi Prius sejak tahun 1997. Ke depannya, baterai motor listrik Toyota Prius akan menggunakan baterai Lithium-ion (Li-ion) berukuran lebih kompak (lebih ringkas dan ringan) sekaligus untuk menggantikan baterai Nickel Metal Hydride. 

Inovasi terhadap varian Prius ini diharapkan dapat mengurangi bobot kendaraan dan meningkatkan kinerja motor listriknya. Satu hal penting lainnya, baterai Li-ion ini diklaim lebih ramah lingkungan.

Sejalan dengan hal tersebut di atas, pihak Toyota menjalin kerjasama erat dengan Panasonic sebagai manufaktur baterai untuk semua kendaraan hybrid produksi Toyota. Sebuah perusahaan joint venture senilai 20 Milyar Yen (sekitar US$ 194 juta) akan dibangun sebagai jalur produksi baterai untuk kendaraan hybrid. 

Pabrik yang direncanakan berdiri di kota Omori – Kawasan administratif Tokyo, Jepang ini ditargetkan untuk memproduksi 200.000 unit baterai Li-ion untuk memasok kebutuhan pabrik Toyota. (K-4/Iyo)

0 komentar:

Poskan Komentar