About

Information

Rabu, 15 Mei 2013

Cara-cara Dalam Mengusir Kesedihan

Rabu, 15 Mei 2013 - 19:07:00 WIB
Cara-cara Dalam Mengusir Kesedihan
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Gaya Hidup



Komhukum (Jakarta) - Hidup terkedang memberikan tekanan terhadap kita. Berikut beberap tips dari kami untuk mengusir perasaan sedih yang mungkin sedang Anda alami.

Menangis 
Tidak perlu ditahan-tahan! Terkadang menangis sangat membantu kita untuk melepaskan perasaan yang terpendam – cara ini ampuh untuk menjernihkan pikiran dan sangat membantu Anda untuk mendapatkan perasaan yang lebih baik. Jadi, segera ambil tisu yang banyak dan cari tempat yang sepi, lalu tersedu-sedulah di pojokan sana!

Berteriak 
Bukan berarti kami menyarankan Anda untuk meneriaki orang lain, tapi untuk melepaskan teriakan seorang diri di dalam kamar atau di dalam mobil (dengan jendela yang tertutup tentunya). Berteriak sangat mujarab melepaskan emosi yang terpendam. Setelah puas berteriak, Anda akan merasakan beban di pundak Anda menjadi ringan dengan sendirinya.

Berolahraga 
Olahraga tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga untuk otak Anda! Melepaskan energi dalam olahraga  fisik bisa menjauhkan pikiran Anda dari rasa cemas dan merupakan cara yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Saatnya bagi Anda untuk mengikuti kelas aerobik, kelas tari, latihan tinju, joging, atau futsal.

Tersenyum 
Semuanya berawal dari senyum. Cobalah untuk tersenyum dengan memikirkan tentang sesuatu yang Anda cintai atau orang-orang yang membuat Anda nyaman. Setelah itu, lemparkan senyum lebih banyak kepada orang-orang yang Anda temui setiap harinya! Kepada perempuan tua yang Anda temui di bus, kasir di swalayan, pria asing di pinggir jalan...dengan cinta tentunya..

Bernyanyi 

Kita semua tentunya memiliki lagu andalan yang bisa memberikan perasan yang menenangkan! Ketika sesuatu hal membuat Anda jemu, putar lagu kesukaan Anda dan nyalakan dengan volume yang kencang. Tidak perlu cemas memikirkan ritme atau nada yang diperdengarkan oleh musik tersebut, biarkan diri Anda pasrah menyatu dengan musik. Dan akan lebih baik lagi jika Anda ikut bernyanyi dan bergoyang dengan alunan lagu tersebut.

Tulisan 
Tulisan adalah senjata yang paling ampuh untuk mengusir perasaan sedih. Lupakan semua kecemasan yang Anda alami dengan menenggelamkan diri membaca buku yang baik, atau luapkan semua kekesalan Anda di atas kertas. Ketika Anda membaca, garisbawahi atau buat catatan dari kalimat yang mengutarakan perasaan Anda atau mengingatkan Anda kepada perasaan yang positif. Dengan demikian, Anda bisa membacanya dan menemukan pencerahan di dalamnya.

Suara bijak 
Pastinya ada seseorang yang memiliki kekuatan, hanya lewat suaranya, untuk menenangkan Anda. Hubungi orang tersebut –entah itu sahabat, ibu, ayah, kakak, dan siapa pun – dan curhatlah kepadanya. Mereka pastinya bisa menenangkan perasaan Anda yang tengah berkecamuk.

Merenung 
Pusatkan pikiran Anda menjadi pikiran yang positif. Bawa catatan kecil agar Anda bisa mencatat pemikiran inspiratif dan ide-ide yang bisa Anda baca ulang ketika Anda membutuhkan sisi spiritual Anda. Pemikiran tersebut – yang bisa Anda jadikan layaknya mantra- bisa membantu Anda dari suasanya yang kelam.

Pertemanan 
Ketika Anda dalam kondisi yang tidak menyenangkan, jangan berdiam diri berkubang di rumah. Segera keluar dan temui teman-teman Anda, entah itu dengan rombongan geng lama Anda atau teman terdekat baru-baru ini. Akan lebih baik jika Anda mengutarakan dengan terus terang tentang perasaan yang Anda alami atau berpesta untuk mengusir pikiran Anda yang mumet itu – dan biarkan teman-teman Anda mengatur acara malam hari yang akan membuat Anda melupakan segalanya.

Warnai hidup Anda
Ada beberapa warna yang bisa membuat Anda sedih atau marah, dan ada pula warna-warna yang bisa membuat Anda bahagia. Warna kuning dan oranye mewakili dinamis, kreativitas, dan kegembiraan. Warna putih mewakili kemurnian, sementara hijau menyimbolkan pembaruan dan penyembuhan. Biru menenangkan dan memurnikan dan ungu menandakan keseimbangan mental. Satu hal yang pasti, menuangkan beberapa warna-warna cerah pada hari ketika pikiran dan hati Anda merasa kusam dan abu-abu benar-benar dapat membantu untuk menghibur Anda.

Film 
Menonton film favorit Anda –tidak perlu film peraih Oscar-memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menenangkan dan meningkatkan mood kita. Nikmati suasana yang dihadirkan, kunjungi tempat-tempat yang ada di dalam film tanpa harus beranjak dari kursi Anda, dan resapi peran dari tokoh film yang mirip dengan kawan lama Anda.

Jalan-jalan 
Setelah Anda menangis atau mengalami ledakan emosi –atau sebelum kedua hal itu terjadi- akan lebih baik bagi Anda untuk berjalan-jalan dan biarkan perasaan Anda menyatu dengan alam. Gunakan headphone untuk musik Anda dan berjalanlah sesuka hati. Cari bangku taman, dan pandangilah langit...kemudian kembali ke rumah dalam keadaan yang lebih segar dan, semoga, dengan mata yang sudah kering dari air mata.

Kenangan bahagia 

Kita semua memiliki ratusan (bahkan lebih!) kenangan bahagia yang bisa memberikan senyum di wajah kita hanya dengan memikirkannya kembali. Buatlah daftar kenangan membahagiakan yang pernah Anda alami Agar Anda bisa mengenangnya kembali ketika Anda merasa sedang sedih.

Lakukan kesibukan 
Memasak, menata taman, dan segala macam kegiatan lainnya yang mengandalkan fisik daripada otak Anda merupakan cara yang sempurna untuk menyegarkan pikiran.

Tidur 
Semakin kita lelah, semakin kita dekat dengan batas tepi emosi kita. Pada saat itula, kita terkadang menangis dan marah tanpa emosi. Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk tidur siang untuk mengurangi stres, dan pastikan Anda tidur lebih awal untuk menggantikan jadwal tidur Anda yang terbuang. (K-5/Sarah)

0 komentar:

Posting Komentar