About

Information

Minggu, 05 Mei 2013

Dua Orang Jadi Korban Ledakan, TNI Beri Santunan

Minggu, 05 Mei 2013 - 12:08:55 WIB
Dua Orang Jadi Korban Ledakan, TNI Beri Santunan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Situbondo) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyatakan turut berbela sungkawa atas kejadian meninggalnya dua warga masyarakat atas nama Syukur (35 tahun) dan Untung (35 tahun) warga Desa Blangguan yang merupakan wilayah Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (4/05).  
 
Kejadian itu berawal ketika pukul 07.00 WIB, saat Tim Pengamanan Pusat Latihan Pertempuran (PAM PLP) bersama Tim Demolisi TNI AU sesuai prosedur sedang melaksanakan pencarian munisi busung (tidak meledak) setelah pelaksanaan latihan yang menggunakan munisi dan bahan peledak berbahaya pada Latihan Gabungan (Latgab) TNI tingkat Divisi tahun 2013.  
 
Pada pukul 07.30 WIB, di daerah sasaran Pesawat F-16 sudah ada dua orang warga masyarakat atas nama Syukur dan Untung warga Desa Blangguan yang tidak mengindahkan larangan masuk ke daerah latihan bekas penembakan. 

"Larangan sudah disampaikan kepada mereka, namun tidak diindahkan dan tetap saja masuk ke area tersebut untuk melakukan pembongkaran bekas sasaran. Diperkirakan mereka mencari kelongsong," kata Kapuspen TNI, Laksda TNI Iskandar Sitompul, S.E melalui rilis yang diterima Komhukum.com di Jakarta, Sabtu (4/05).

Selanjutnya dituturkan Kapuspen TNI, pada pukul 09.10 WIB, terdengar suara ledakan di sekitar sasaran penembakan Pesawat F-16.  Ledakan tersebut didengar oleh Tim Demolisi TNI AU dan Tim Pengamanan (PAM PLP) Asembagus yang sedang menyisir di daerah sasaran Pesawat HAWK yang jaraknya kurang lebih 300 meter dari tempat terdengarnya ledakan tersebut. 

"Setelah dilakukan pengecekan, di lokasi terdengarnya ledakan tersebut ditemukan dua warga tergeletak di tempat tersebut atas nama Syukur yang saat itu dalam keadaan meninggal dunia, sedangkan satu korban lagi yaitu Sdr. Untung dalam keadaan kritis," tuturnnya.

Setelah kejadian itu, pada pukul 10.30 WIB prajurit TNI melakukan proses evakuasi terhadap dua orang korban tersebut  ke Rumah Sakit terdekat, namun dalam perjalanan  Untung meninggal dunia. 

"Para prajurit TNI langsung mengadakan koordinasi dengan pihak terkait serta keluarga korban dan tetap terus melaksanakan pengamanan di sekitar TKP, agar tidak menimbukan kejadian serupa. Sampai saat ini, TNI masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kejadian ini," katanya.
 
Atas kejadian ini, pihak TNI melalui Kapuspen TNI menyampaikan turut berbelasungkawa dan akan memberi santunan kepada keluarga korban. Selanjutnya, TNI terus menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak mendekati lokasi latihan mengingat di sekitar daerah tersebut masih dinyatakan daerah terlarang dan tidak diizinkan bagi warga masyarakat untuk melakukan aktifitas apapun di areal tersebut. 

"Sebenarnya pemberitahuan dan peringatan seperti ini sudah disampaikan kepada masyarakat sekitar jauh hari sebelum pelaksanaan latihan, bahkan TNI juga telah melakukan koordinasi dan pemberitahuan kepada Pemda setempat," kata Kapusen TNI.
 
Pelaksanaan Latihan Umum pada Latgab TNI tahun 2013 yang disaksikan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yodhoyono di Asembagus, Jawa Timur pada tanggal 3 Mei 2013 berlangsung dengan sukses dan berjalan sesuai skenario latihan yang telah direncanakan. (K-2/yan)

0 komentar:

Posting Komentar