About

Information

Selasa, 28 Mei 2013

Pantai Pasir Panjang di Kota Singkawang

Minggu, 26 Mei 2013 - 08:14:49 WIB
Pantai Pasir Panjang di Kota Singkawang
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Singkawang) - Sebagai seorang wisatawan low-budget alias kantong kempes, bagi saya tidak perlu lah yang namanya liburan keluar negeri. 

Lha wong bangsa sendiri saja tidak habis dijelajahi, kenapa harus mencari kesenangan di negeri seberang? Saat seorang teman lama di Jakarta dulu mengajak saya  nongkrong di kota Pontianak kediamannya sekarang, saya pun tidak berpikir dua kali...berangkat! 

Bermodalkan tiket promo seharga Rp 1,4 juta untuk penerbangan lokal Jakarta – Pontianak PP dengan salah satu airline lokal, saya pun melangkah dengan percaya diri berlibur ke tanah Dayak.

Setelah 1,5 jam terbang dari Jakarta, saya pun mendarat di bandara Supadio, Pontianak. Teman saya sudah menjemput dengan mobil pick up double cabinnya. Teman saya bilang: ayo, bro...kita tancap gas ke Pasir Panjang! “Heh...di mana tuh?” tanya saya. 

Teman saya cuek saja sembari nyetir ke arah kota Singkawang (sesuai papan petunjuk). Berkendara selama sekitar 2 jam dari kota Pontianak, tibalah kami di kawasan Pasir Panjang. Mengintip odometer digital di mobil, dari kota Pontianak ke Pasir Panjang sekitar 125 Km jaraknya. Melihat papan petunjuk jalan, dari Pasir Panjang ke kota Singkawang masih sekitar 17 Km lagi.

Ooohhh...rupanya Pasir Panjang itu nama pantai. Pantai Pasir Panjang persisnya terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang - Provinsi Kalimantan Barat. Nama pantai Pasir Panjang diambil dari panjang pantainya yang mencapai 3 Km lebih. Pantai indah nan asri ini ombaknya relatif tenang, mau berenang, main air, atau olahraga air cocok banget nih. 

Bahkan tersedia juga penyewaan alat-alat olahraga air semacam jetski dan parasailing. Tadinya saya dan teman-teman bermaksud naik banana boat, sayang perahu pisangnya sedang rusak. Main volley pantai dan frisbee (piring terbang) sebagai alternatifnya juga seru kok. Di kawasan ini tersedia juga hotel dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, diskotik, dan restoran. Jangan kuatir kelaparan, banyak warung makan minum kok di pantai ini (walaupun harga minumannya ajaib bin mahal).

Salah satu aktivitas seru di sini adalah memancing. Kenapa seru? Pantai Pasir Panjang berhadapan langsung dengan Laut Natuna dan ikan di perairan ini banyak serta gede-gede ukurannya. Di sekitar Pantai Pasir Panjang ada perkampungan nelayan, sewalah perahu motor di tempat ini. Sewa perahu motor kapasitas 6 orang dari pagi sampai sore hari tarifnya sekitar Rp. 300 ribuan, tapi berlaku hanya untuk memancing saja. 

Pandai menawar sajalah kalau anda ingin menyewa perahu motor ini untuk memancing seharian, karena biasanya mereka buka harga sewa di kisaran Rp. 500-600 ribu. Jangan lewatkan sunset di pantai ini. Matahari terbenam terlihat sangat jelas dan indah karena pantainya yang menghadap ke barat.

Pantai Pasir Panjang terletak di wilayah utara Kalimantan Barat, secara transportasi darat strategis karena terletak di jalur penghubung antar ibukota provinsi. Lain hal kalau anda ingin naik speedboat ke Pulau Randayan, Pulau Lemukutan dan Pulau Kabung, Pantai Pasir Panjang adalah titik pemberangkatan ke pulau-pulau tersebut. 

Mau ke Pasir Panjang? Ada banyak angkutan umum seperti taksi, travel (minibus), dan bus dari kota Singkawang maupun dari kota Pontianak. Oh ya, maksud pantai ini jangan lupa bayar goceng (Rp. 5.000) per orangnya. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar