About

Information

Jumat, 24 Mei 2013

Robot yang Bisa Menanam Pohon

Jumat, 24 Mei 2013 - 01:24:39 WIB
Robot yang Bisa Menanam Pohon
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Surabaya) - Seorang mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) Syamsiar Kautsar bersama dua rekannya Soni Senjaya dan Zindu Maulana Ahmad Putra, merancang robot "Dewa Ruci" yang bisa menanam cepat pohon cemara dan dua pohon pinus.

"Dewa Ruci" keluar sebagai juara dalam Lomba Robot Nasional (Baronas) II pada 18 Mei lalu. "Ada 169 tim dari tingkat SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi se-Indonesia yang berlaga di Gedung Robotika ITS. Alhamdulillah, kita menang pada level mahasiswa yang diikuti 38 tim robot dari sejumlah perguruan tinggi," katanya.

Mahasiswa angkatan 2009 itu bersama rekannya, Soni (angkatan 2011) dan Zindu (2012) mengaku tidak menyangka dapat mengalahkan tim ITB, UGM, dan tuan rumah ITS, bahkan jawara robot dari PENS.

Bahkan, hasil kerja keras selama tiga pekan itu akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan yakni menjadi juara pertama Lomba Robot Nasional 2013 (Baronas 2013), sehingga mendapatkan Piala Wali Kota Surabaya.

Dalam Baronas II-2013 itu, robot yang bertarung menggunakan tema penghijauan hutan itu menguji kecepatan robot manual dan robot otomatis dalam menanam pohon cemara dan dua pohon pinus. (K-4/EIO)

0 komentar:

Poskan Komentar