About

Information

Jumat, 03 Mei 2013

VW Crossblue Coupe, Performa Tinggi & Ramah Lingkungan dalam Sebuah Suv

Selasa, 30 April 2013 - 22:40:46 WIB
VW Crossblue Coupe, Performa Tinggi & Ramah Lingkungan dalam Sebuah Suv
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Lagi-lagi pabrikan mobil Jerman, Volkswagen berinovasi! Dalam event internasional Shanghai Motor Show 2013 (Shanghai – RRC) yang berlangsung pada tanggal 21 s/d 29 April 2013 lalu, stand Volkswagen memamerkan mobil konsepnya. 

Concept car yang diberi nama VW CrossBlue Coupe ini menarik perhatian banyak pengunjung. Apa pasal?

Dimulai dari bentuknya yakni berkategori SUV (sport utility vehicle) berukuran kompak. Walaupun ukurannya terbilang kompak, dimensi VW CrossBlue Coupe ini nyaris mirip dengan saudara tuanya, VW Touareg. Jangan terkecoh oleh julukan coupe-nya karena ini bukanlah mobil sport, namun 5-seater SUV yang berdesain sporty. Melihat tampilan fisiknya, bentuk mobil konsep pabrikan Jerman ini mirip dengan Range Rover Evoque dari negara Inggris. 

Body futuristiknya dilengkapi dengan body kit untuk menambah nilai aerodinamis. Rangkaian lampu LED juga bertebaran mulai dari sektor headlamp (sebagai driving lamp) sampai dengan bagian taillampnya juga. Mobil ini dilengkapi “kaki-kaki” berukuran besar, yakni velg berukuran 22 inci!

Melirik ke kompartemen mesinnya, jangan ragukan kemampuan VW CrossBlue Coupe ini. Berkonsep kendaraan bermesin hybrid namun tetap memiliki performa tinggi. Dibekali mesin bensin V6 turbocharged TSI berkapasitas 3.0 liter dan 4 buah motor listrik membuat SUV ini bisa ngacir 0–100 km/jam dalam waktu 5,9 detik saja! 

Top speednya juga dibatasi sampai 235 km/jam saja oleh pabrikan untuk alasan safety. Kombinasi mesin bensin dengan dua motor listrik berkekuatan 40 kW di roda depan dan 85 kW di roda belakang plus mesin bensinnya menghasilkan tenaga sangar, 415 PS! Tenaga sebesar ini diteruskan ke empat roda VW CrossBlue Coupe melalui perantara gearbox 6-speed DSG. 

Hebatnya tenaga sebesar ini tidak memerlukan banyak BBM. Dengan 3 liter bensin dan kombinasi mesin hybridnya, VW CrossBlue Coupe dapat bepergian sejauh 100 Km (klaim pabrikan). Untuk meningkatkan daya jelajahnya, VW membekalinya dengan tangki BBM berkapasitas 80 liter. Namun apabila hanya mengandalkan motor listriknya saja, SUV ini bisa berjalan sejauh 33 Km lho.

Interior VW CrossBlue Coupenya juga tidak kalah menarik. Dimulai dengan balutan kulit di sekujur interior SUV keren ini. Kulit sekelas Alcantara pun dibalutkan mulai dari dashboard, pilar, door trim, seat cover sampai dengan plafon atas. Balutan kulit interiornya dikombinasikan dengan aksen kayu dan aluminium di beberapa tempat seperti area dasboard, center console box, dan door trim. 

Sebuah layar Multy Information Display (MID) di tengah dashboard digunakan untuk memantau kondisi kendaraan, menampilkan peta navigasi satelit, sampai dengan mengontrol in car entertainment (ICE). Untuk tata suara ICEnya, VW mengandalkan produk Dynaudio yang terkenal dengan reputasi system tata suaranya. 

Gilanya lagi...di setiap headrest kursi depan sudah terintergrasi Apple IPAD Mini untuk memanjakan penumpang di baris keduanya! Mulai dari nonton film sampai dengan browsing internet bisa dinikmati penumpang VW CrossBlue Coupe. Wah kalau sudah begini masih kurang apalagi? (K-4/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar