About

Information

Sabtu, 04 Mei 2013

Wisata Bertani Rempah dan Buah Ala Desa Sembalun

Sabtu, 04 Mei 2013 - 06:42:14 WIB
Wisata Bertani Rempah dan Buah Ala Desa Sembalun
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 


Komhukum (Lombok) - Yang namanya pergi wisata ke daerah pegunungan, pastinya kita akan disuguhi udara sejuk, tanah yang subur, dan panorama alam dengan nuansa kehijauan vegetasi yang tumbuh menyelimuti tanah. Semacam Desa Sembalun yang terletak di ketinggian 1156 meter di atas permukaan laut ini. 

Desa wisata yang terletak di lereng Gunung Rinjani ini diberkahi tanah yang subur dengan panorama indah khas pegunungan. Kesuburannya dimanfaatkan penduduk setempat untuk bertani rempah-rempah dan buah-buahan. Hasil pertaniannya pun tidak tanggung-tanggung, Desa Sembalun diklaim sebagai produsen rempah-rempah terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan sentra buah-buahan segar bagi kepulauan Lombok.

Bila anda sempat, mampirlah ke Desa Sembalun antara bulan Juli sampai Oktober. Di bulan-bulan inilah Desa Sembalun mengadakan panen raya hasil kebun dan ladangnya. Jadi wisatawan yang berkunjung ke sini bisa memilih mau ikut wisata bercocok-tanam atau wisata memetik hasil panen. Seru deh pokoknya!

Kalau anda ingin wisata alam jenis lainnya di desa ini bisa memilih aktivitas trekking di perbukitan sekitar Desa Sembalun. Pastinya rute trekking Desa Sembalun akan didominasi oleh panorama Bukit Sembalun yang berwarna kehijauan dengan warna-warni sayuran dan buah-buahan di beberapa bidang tanah. Latar belakang panoramanya akan didominasi oleh Gunung Rinjani yang senantiasa berawan dan berkabut di puncaknya walaupun cuaca sedang cerah.

Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi perbukitan Desa Sembalun tidak perlu kuatir nyasar dan tersesat. Bagaimana caranya? Saat datang ke desa ini, mampirlah ke Community Development Center (CDC) atau semacam asosiasi perhimpunan penghuni Desa Sembalun. Di organisasi ini anda dapat menemukan berbagai informasi seputar Desa Sembalun, termasuk segala sesuatu yang berkaitan dengan Gunung Rinjani. Nah di asosiasi inilah anda dapat memilih guide / penunjuk jalan untuk mengitari kawasan sekitar Desa Sembalun. Mereka akan dengan senang hati membantu anda. 

Tarif jasanya pun terjangkau, berkisar Rp. 50-100 ribu untuk sekali jalan. Satu hal menarik lainnya yang bisa anda temui di desa ini adalah keberadaan kerajinan tenun tradisional. Banyak hal bisa anda lihat dan pelajari di sini. Anda berminat belajar membuat kain tenun? Masyarakat desa ini akan dengan senang hati mengajari anda dengan sabar. Semua peralatan tenun dan bahan-bahannya tradisional, jadi wajar kalau untuk membuat sehelai kain tenunnya membutuhkan waktu yang lama. 

Kalau anda berminat, kain-kain tenun bermotif jadoel alias tradisional ini juga bisa dibeli kok. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 150 ribu sampai yang termahal sekitar Rp 700 ribu (tergantung tingkat kesulitan pembuatannya). Anda berminat bermalam di desa ini? Jangan kuatir, karena banyak penginapan berupa guest house dan homestay (bertarif sekitar Rp. 100-200 ribu per malam) tersedia untuk para wisatawan. 

Desa Sembalun terletak di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bila diukur jarak dari kota Mataram menuju Desa Sembalun sekitar 112 Km. Menuju desa wisata ini dari kota Mataram bisa menggunakan kendaraan pribadi (3 jam perjalanan) atau angkutan umum (4,5 jam perjalanan). Biaya sewa mobil pribadi dari kota Mataram – Desa Sembalun sekitar Rp. 750 ribu. Nah mana moda transportasi yang anda pilih, Desa Sembalun yang indah menunggu anda kunjungi! (K-4/Iyo)

0 komentar:

Posting Komentar