About

Information

Selasa, 28 Mei 2013

Pindapata Dipercaya Mendatangkan Kebaikan

Sabtu, 25 Mei 2013 - 05:50:07 WIB
Pindapata Dipercaya Mendatangkan Kebaikan
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Tradisi 


Komhukum (Jakarta) - Bila di sekeliling lingkungan anda terdapat Vihara, coba perhatikan apakah ada yang tidak biasa. Menjelang datangnya hari raya Waisak 2557 yang akan berlangsung pada tanggal 25 Mei 2013 nanti, di sekitar kawasan Vihara akan diramaikan oleh biksu-biksuni yang berjalan keliling kawasan pemukiman terdekat. 

Para biksu-biksuni ini sedang melakukan prosesi Pindapata. Seperti yang terlihat di kawasan pecinan Glodok beberapa hari belakangan ini, terlihat para biksu-biksuni ini melakukan ritual Pindapata. Mereka berjalan sembari berbaris rapi membawa wadah seperti kuali besi (semacam panci logam) yang dipegang erat dengan kedua telapak tangan. 

Mereka berjalan mengelilingi wilayah pemukiman dan perniagaan, bertujuan untuk mengumpulkan uang dan bahan makanan. Bagi umat Budha, ritual Pindapata ini berarti bersedekah bagi yang tidak mampu. Dengan bersedekah, umat Budha percaya hal ini akan mendatangkan kebaikan dan keuntungan bagi diri sendiri dan keluarga. Ya selama dilakukan dengan tulus dan ikhlas, tradisi apa pun pasti bermaksud mendatangkan kebaikan bagi si pelakunya.

Dalam prosesi Pindapata ini, para biksu-biksuni berjalan menyusuri jalan di sekitar Vihara sembari melantunkan parita (kidung pujian). Umat Budha pun juga tidak bersikap sembarangan saat memberikan bingkisan makanan atau uang kepada biksu-biksuni yang lewat. Ada hal unik yang saya perhatikan saat para biksu-biksuni melewati umat Budha yang ingin bersedekah. Dengan spontan, para umat Budha ini memberikan bingkisan dengan sikap tangan anjali. 

Sikap tangan anjali adalah dengan merapatkan kedua telapak tangan di depan wajah kita, biasanya disertai anggukan yang berarti mengucap syukur karena bingkisan telah diterima. Dengan adanya ritual Pindapata ini, umat Budha berharap sedekahnya diterima dan kelak mendatangkan kebaikan serta keuntungan. Unik sekali ritual Pindapata ini, karena sampai hal kecil juga diperhatikan. (K-4/Iyo)

0 komentar:

Poskan Komentar