About

Information

Jumat, 01 Februari 2013

Techno, Jumat 01 Februari 2013

Jumat, 01 Februari 2013 - 11:32:21 WIB
Plantronics Meluncurkan Headset Mini Cerdas
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Jakarta) - Produsen headset Plantronics meluncurkan headset bluetooth Voyage Legend yang mungil dan memiliki teknologi sensor cerdas berupa fitur perintah suara (voice command).

Direktur Penjualan dan Pemasaran Plantronics Inc Asia Tenggara Alvin Kiew mengatakan pertumbuhan ponsel pintar sangat tinggi di Asia Tenggara bahkan Indonesia. Para pengguna gadget membutuhkan aksesoris tambahan untuk menunjang kinerja mereka.

Voyage Legend memiliki sensor cerdas yang dapat melakukan perintah suara seperti perintah ingin menyalakan MP3, perintah ingin mengetahui status baterai dan koneksi jaringan, dan perintah melakukan panggilan.

"Sensor itu akan aktif seketika, ketika anda pasang dan akan mati secara otomatis, ketika anda melepasnya," katanya ketika menggelar jumpa media di Jakarta pada Kamis (31/01).

Kiew melanjutkan ketika ada panggilan telepon masuk, headset akan langsung menyala secara otomatis tanpa harus diklik terlebih dahulu dan Voyage akan memberitahu identitas sang-penelpon.

"Ketika ada panggilan masuk, anda tinggal memerintahkan ke headset untuk melakukan 'answer' (jawab) atau 'ignore' (abaikan). Jika mengabaikan, maka headset akan mematikan nada panggilan secara otomatis," katanya.

Sayangnya, saat ini headset itu baru bisa melakukan perintah suara dalam bahasa Inggris. Plantronics menyatakan akan membuat peranti lunak yang bisa menjawab dengan bahasa lokal.

Keunikan lainnya, headset itu memiliki lapisan pelindung yang sangat tipis tapi kuat. Lapisan dari bahan yang biasa digunakan untuk pakaian tentara akan melindungi headset dari keringat dan air hujan sehingga lebih awet dan tahan lama.

Headset yang dijual Rp. 1.299.000 memiliki daya tahan selama tujuh jam dengan waktu lama pengisian daya (nge-charge) selama 90 menit. Model itu memiliki berat 18 gram dan bisa berjalan pada ponsel Apple IPhone dan Android dengan garansi selama 1 tahun. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jumat, 01 Februari 2013 - 11:31:01 WIB
Dropbox Menyediakan Fitur Pengelolaan Foto
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Jakarta) - Layanan online penyimpanan dokumen, Dropbox, telah menambahkan fitur baru pada layanannya.

Fitur yang dinamai Virtual Photo Album itu akan membantu pengguna mengelola foto, membuat album pribadi, atau setidaknya dapat mengelompokkan file foto dalam satu tempat. "..menempatkan mereka (foto) dalam satu tempat, dan menyusunnya berdasarkan tanggal," tulis blog teknologi Gizmodo yang telah menelusuri fitur baru Dropbox tersebut.

Fitur layanan itu akan tersedia bagi semua orang dalam beberapa bulan mendatang, tapi beberapa orang sudah mendapatkannya pada saat ini, masih terbatas. Bukan sekedar mengelompokkan atau menjadikannya dalam satu album, fitur tersebut juga memungkinkan pengguna berbagi foto ke Facebook, Twitter, maupun email dari Dropbox.

Perubahan kecil lainnya yang dilakukan Dropbox antara lain bisa menampilkan (preview) file PDF, .doc, .docx, dan dokumen Powerpoint yang disajikan dalam halaman pop up. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jumat, 01 Februari 2013 - 11:29:55 WIB
Kuliah "Online" Mobil Listrik & Solusi Banjir
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (London) - Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) akan menyelenggarakan acara kuliah tamu secara "online" dengan nara sumber Dr. Danet Suryatama (Elektrik Car, Amerika Serikat) tentang "Mobil Listrik: tantangan dan peluang di masa depan" pada 3 Februari mendatang.

Direktur Eksekutif I-4, Achmad Adhitya, Kamis (31/1) menyebutkan, selain itu akan digelar kuliah online dengan nara sumber Dr. Deden Rukmana (Savannah State University, Amerika Serikat) tentang "Solusi penanganan banjir di Indonesia" pada 17 Februari 2013.

"Kedua topik tersebut saat ini memang sedang hangat dibicarakan di Indonesia. Kuliah tamu online ini adalah salah satu bentuk `sharing` dari I-4 bagi masyarakat Indonesia," salah satu pengurus bidang Media I-4, Roni Irnawan.

Dikatakannya ke depan program kuliah tamu online I-4 akan dilaksanakan secara rutin dengan mengundang para pembicara ahli untuk membahas berbagai isu yang tengah berkembang di masyarakat.

Rahmadi Trimananda yang merupakan LO Klaster Elektronika dan Informatika I-4 juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan diadakan setiap bulan dua kali dan semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi banyak orang.

Program kuliah tamu online dapat diikuti melalui website I-4 http://i-4indonesia.info serta melalui website Radio PPI Dunia (Persatuan Pelajar Indonesia Dunia) http://radioppidunia.org yang akan secara streaming menyiarkan acara tersebut ke seluruh dunia, demikian Achmad Adhitya.  (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jumat, 01 Februari 2013 - 01:33:36 WIB
Jember Hacker "Deface" Situs Pemkot Pangkalpinang
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Pangkalpinang) - Situs pemerintah Kota Pangkalpinang sempat diretas oleh pihak tak bertanggung jawab yang menamakan diri "Jember Hacker Team".

Halaman situs yang biasanya berisi informasi mengenai kegiatan kepemerintahan Kota Pangkalpinang, pada Kamis sore di'deface' atau dirubah tampilan halaman depan situs jadi hitam dengan gambar sosok berjubah oranye dengan tulisan "hacked by Jember Hacker Team" berjalan di bawahnya. Di bawah itu terdapat keterangan status: "closed dan Nothing secure".

Saat dikonfirmasi, Kabag Humas Pemkot Pangkalpinang Zaitri Andiko mengatakan belum tahu mengenai masalah tersebut sehingga belum bisa memberi komentar lebih lanjut. "Saya baru dengar mengenai masalah ini, nanti tim kami akan segera melakukan pengecekan," kata Zaitri saat dihubungi melalui telepon.

Zaitri mengatakan, setelah dilakukan pengecekan, pihaknya baru akan memberi keterangan lebih lanjut. Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), K.A Tajuddin menyarankan hendaknya masalah peretasan tersebut segera dilaporkan ke pihak berwenang.

"Mereka pasti tahu apa yang harus segera dilakukan, semakin cepat dilaporkan akan semakin baik karena website pemerintahan banyak pengunjungnya, kalau lama-lama dibiarkan maka akan mengganggu kelancaran kinerja banyak pihak," kata Tajuddin.

Tindak kriminalitas di dunia maya atau "cyber crime", menurut Tajuddin memang sulit dilacak, meski demikian pihak Diskominfo Babel telah menyiapkan perangkat lunak untuk mengantisipasi peretasan. "Saat ini kami sedang menyiapkan sebuah software untuk menangkap para hacker, dengan software itu diharapkan situs-situs pemerintahan dapat lebih terproteksi," katanya.

Tajuddin meyakinkan, tenaga ahli di Diskominfo Babel memiliki kemampuan yang cakap untuk merancang perangkat antiperetasan tersebut. Lebih lanjut, Tajuddin menghimbau agar para pemilik situs atau laman dapat lebih berhati-hati dalam menjaga halamannya dari peretasan.

"Kalau situs pemerintah provinsi Insyaallah aman karena ada admin yang senantiasa memantau," kata dia. Tajuddin mengatakan, jika pemkot atau pihak lain mengalami kesulitan dengan peretasan, Diskominfo babel bersedia membantu mengatasi masalah tersebut. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jumat, 01 Februari 2013 - 01:32:53 WIB
Diblokir, Situs Penjual Permen Peningkat Libido
Diposting oleh : Administrator 



Komhukum (Jakarta) - Sebanyak 36 laman internet yang menjual produk ilegal berupa produk permen perangsang atau peningkat gairah/libido akan diblokir oleh Kementerian Kominfo atas rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Produk permen yang diiklankan di situs-situs tersebut bermerek `Sexy Gum`, `Sex Love` dan `US Passion Cachou`. Badan POM RI tidak pernah mengeluarkan persetujuan izin edar terhadap produk pangan yang diklaim dapat meningkatkan gairah/libido," kata Kepala BPOM Lucky S. Slamet di Jakarta, Kamis (31/1).

Produk-produk permen itu juga tidak memiliki penandaan yang sesuai kaidah/norma sehingga BPOM menyatakan tidak dapat menjamin keamanan dan mutunya. "Kami sudah mengirim surat ke Kemenkominfo untuk memblokir situs dimaksud dan selanjutnya bekerjasama dengan Bareskrim Polri untuk memberantas obat dan makanan ilegal," ujar Lucky.

BPOM mendapatkan bukti produk dengan melakukan "undercover buy" atau pembelian secara diam-diam ke 36 laman tersebut dan meskipun masih harus melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap kandungan permen-permen itu, tapi Lucky menegaskan bahwa produk-produk itu ilegal. "Tapi berdasarkan pengalaman, karena situs-situs ini tidak berasal dari Indonesia, maka Kemenkominfo hanya bisa memblokir," ujarnya.

Pengedaran produk permen peningkat gairah/libido itu disebut Lucky melanggar ketentuan UU No. 18/2012 tentang Pangan yaitu pasal 140, 142 dan 145. Pasal 140 menyatakan setiap orang yang memproduksi dan memperdagangkan pangan yang dengan sengaja tidak memenuhi standar keamanan pangan dan pasal 142 yaitu tidak adanya izin edar terancam pidana penjara paling lama dua tahun dan denda paling banyak Rp. 4 miliar.

Sedangkan pasal 145 yaitu siapa yang dengan sengaja memuat keterangan atau pernyataan tentang pangan yang diperdagangkan melalui iklan yang tidak benar atau menyesatkan diancam pidana penjara paling lama tiga tahun dan denda paling banyak Rp. 6 miliar. "Saya tegaskan lagi bagi masyarakat untuk tidak mengkonsumsi permen yang mengklaim merupakan peningkat gairah/libido karena sangat berisiko bagi kesehatan," kata Lucky.

Bagi masyarakat yang menemukan produk semacam itu diharapkan untuk dapat melaporkan kepada BPOM atau Balai POM setempat melalui Unit Layanan Pengaduan Konsumen di Jakarta dengan nomor telepon  021-4263333 dan  021-32199000 atau e-mail ke ulpk@pom.go.id dan ulpk_badanpom@yahoo.co.id. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar