About

Information

Kamis, 28 Februari 2013

Profesionalitas Komite Etik KPK Dipercaya DPR

Kamis, 28 Februari 2013 - 13:48:56 WIB
Profesionalitas Komite Etik KPK Dipercaya DPR
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Korupsi 


Komhukum (Jakarta) - Sprindik yang ditandatangani tiga orang pimpinan KPK, yaitu Abraham Samad, Zulkarnain, dan Adnan Pandu Praja, beredar luas sejak Sabtu (9/02). Draft sprindik berkop “Surat Perintah Penyidikan KPK” yang berisi penetapan tersangka Anas Urbaningrum selaku anggota DPR periode 2009–2014 itu tanpa dilengkapi tanggal dan nomor surat.

Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengatakan, KPK menyerahkan sepenuhnya persoalan penyelidikan dan sanksi terhadap pembocor sprindik itu kepada Komite Etik. Karena itu, pihaknya akan menghargai apa pun nanti keputusan Komite Etik.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III DPR Desmon J. Mahesa mengatakan nama-nama anggota Komite Etik merupakan personel yang memiliki integritas dan kapabilitas mumpuni serta bisa dipercaya.

Karena itu, dia berharap Komite Etik tidak terjebak suasana politik yang gaduh. Komite Etik diharapkan juga terhindar dari intervensi dari pihak mana pun.“Komite Etik harus objektif,” ujar Desmon di Jakarta, Kamis (28/02)

Komite Etik harus menelusuri motif penyebaran sprindik ini. Menurut dia, ada dua kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam kasus penyebaran sprindik. Pertama, terpublikasinya sprindik memang berkaitan langsung dengan politik kekuasaan.

Artinya, KPK terintervensi oleh penguasa. Kedua,ada oknum yang secara sengaja menjual sprindik dengan motif keuntungan. “Nah motif pertama adalah operasi untuk mematikan karakter seseorang bernama Anas Urbaningrum. Yang kedua, ada oknum yang sengaja cari keuntungan, uang misalnya atau posisi. Ini yang harus dicari,” tutur Desmon.

Dia juga percaya pada kemampuan dan keberanian orang-orang yang ada di Komite Etik. Dia berharap Komite Etik bisa memeriksa pimpinan tanpa keraguan. “Jika memang ada pimpinan yang terlibat sebutkan siapa dan apa motifnya. Jika harus dipidanakan, pidanakanlah,” tuturny. (K-5/Roy)

0 komentar:

Posting Komentar