About

Information

Rabu, 06 Februari 2013

Ekonomi, Rabu 06 Februari 2013

Rabu, 06 Februari 2013 - 00:34:52 WIB
Ketua DPR: Batavia Air Harus Kembalikan Uang Penumpang
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Jakarta) - Usai dinyatakan pailit, perusahaan penerbangan Batavia Air dinyatakan tutup dan tidak lagi beroperasional, imbasnya ribuan calon penumpang yang yang sudah membeli tiket pun kecewa. 

Ribuan calon penumpang dari maskapai Batavia Air, menggeruduk semua kantor-kantor cabang, bahkan hingga bandara-bandara pun mereka datangi dan meminta pertanggungjawaban pihak manajemen, untuk mengembalikan uang tiket para calon penumpang.

Sementara itu, Ketua DPR RI Marzuki Alie, berharap agar kasus tidak dikembalikannya uang tiket tidak terjadi lagi. Selain itu juga penumpang menurutnya tidak bisa diminta untuk ikut bertanggungjawab atas manajemen buruk satu perusahaan.

"Ini tidak boleh terjadi lagi, terutama untuk para calon penumpang  Batavia Air yang baru saja dipailitkan. Uang mereka harus didahulukan dari kewajiban apapun. Seperti yang kita ketahui dalam pemberitaan di media massa, calon penumpang selalu dirugikan," ujarnya kepada wartawan di gedung DPR RI Senayan Jakarta, Selasa (5/2).

Secara tegas dikatakannya bahwa calon penumpang membayar tiket pastinya untuk mendapatkan pelayanan yang baik dari semua maskapai penerbangangan, maka perusahaan pun wajin mengembalikan uang para calon penumpang.

"Kasihanlah para calon penumpang yang tidak mendapatkan haknya, lihat seperti dalam kasus Adam Air, Batavia Air, kasus Simpati, Bouraq, Mandala dan lainnya uang penumpang selalu tidak kembali. Ini tidak boleh terjadi lagi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Marzuki menambahkan bahwa dalam praktek kepailitan perusahaan penerbangan ada yang salah. Karena kepentingan para debitur cenderung dibela olah para kurator. "Harusnya yang diutamakan itu kepentingan para pelanggan. Sedangkan kepentingan debitor juga harus dilihat kepentingannya," pungkasnya. (K-4/Bharata)

0 komentar:

Posting Komentar