About

Information

Senin, 04 Februari 2013

Ekonomi, Senin 04 Januari 2013

Senin, 04 Februari 2013 - 07:10:30 WIB
REI Minta Jabodetabek Meremajakan Kota
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Properti 


Komhukum (Jakarta) - Real Estat Indonesia (REI) meminta pemerintah agar menata kembali Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) melalui penerapan konsep peremajaan kota untuk mengatasi berbagai permasalahan di kawasan itu.

"REI mengusulkan kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah meningkatkan kualitas kawasan melalui konsolidasi lahan," kata Ketua Umum REI, Setyo Maharso, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (3/2).

Menurut dia, pembangunan kawasan perumahan di Jabodetabek semakin lahap memakan lahan sehingga tidak cocok lagi untuk kawasan tersebut sehingga rumah susun merupakan pilihan terbaik.

Selain itu, ujar dia, rumah susun juga memiliki bentuk yang tidak banyak memakan tempat, juga sebagai salah satu upaya penertiban kota dan peremajaan daerah kumuh oleh pemerintah daerah.

"Menata kawasan perkotaan seperti kawasan kumuh tak cukup hanya dengan melakukan program bedah rumah, tetapi harus melalui konsolidasi lahan. Salah satu cara dengan pemukiman susun secara vertikal," katanya.

Dia menyatakan, rumah-rumah susun ini bisa ditujukan bagi warga yang selama ini tinggal di bantaran-bantaran sungai. Penyempitan badan sungai karena diserobot pemukiman jadi satu faktor pemicu banjir selama ini. 

REI sangat mendukung rencana Kementerian Perumahan Rakyat dan Gubernur DKI, Joko Widodo untuk kembali menghidupkan program pembangunan 1.000 Menara Rusunami di Jakarta yang sempat mati suri. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar