About

Information

Rabu, 06 Februari 2013

Internasional, Rabu 06 Februari 2013

Rabu, 06 Februari 2013 - 01:08:24 WIB
Jepang Panggil Duta Besar China
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Tokyo) - Tokyo memanggil duta besar China di negara kekaisaran itu, Selasa (5/2) terkait perkembangan terkini di Kepulauan Senkaku, yang disengketakan kedua negara. Beberapa waktu lalu, kapal-kapal China berlayar hingga dekat perairan Kepulauan Senkaku.

"Kementerian Luar Negeri memanggil duta besar China karena kapal-kapal negara itu memasuki perairan dekat Kepulauan Senkaku," kata seorang pejabat kementerian luar negeri, merujuk pada gugusan kepulauan yang diklaim sebagai Diaoyu oleh Beijing.

Sehari sebelumnya, Pasukan Penjaga Pantai Jepang melaporkan kehadiran dua kapal China yang memasuki perairan sekitar kepulauan yang dikendalikan Tokyo itu. Beijing telah berulang kali mengirimkan kapal ke wilayah itu karena Jepang telah menasionalisasi beberapa pulau di gugusan tersebut pada September.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe telah menekankan, tidak ada ruang bagi Tokyo berkompromi atas sengketa wilayah itu. Namun, dia juga telah menyatakan keinginannya untuk bertemu dengan timpalannya dari China untuk meningkatkan hubungan bilateral. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar