About

Information

Senin, 25 Februari 2013

Wapres Boediono Hadiri Pelantikan Presiden Korsel

Senin, 25 Februari 2013 - 10:44:39 WIB
Wapres Boediono Hadiri Pelantikan Presiden Korsel
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Seoul) - Wakil Presiden Boediono menghadiri pelantikan Park Geun-hye sebagai Presiden baru Korea Selatan menggantikan Lee Myung-bak di Plaza Dewan Nasional, Seoul, Senin (25/02).

Pantauan wartawan yang menghadiri acara pelantikan tersebut dari Seoul, Selasa (25/02), melaporkan Wapres yang didampingi Ibu Herawati Boediono bersama sejumlah pemimpin tinggi negara yang lainnya menghadiri acara pelantikan di ruangan terbuka dengan suhu cuaca yang cukup dingin sehingga harus mengenakan pakaian tebal.

Acara pelantikan dilakukan pada pukul 11.00 waktu setempat atau pukul 09.00 WIB ditandai dengan penghormatan terhadap bendera Korsel dan Lagu Kebangsaan "Ek Guk Ga".

Selanjutnya menghening cipta mengenang pahlawan dan ucapan selamat dari Perdana Menteri Kim Hwang-sik.

Kegiatan berikutnya dilakukan 21 kali tembakan ke udara dan Presiden memeriksa barisan tentara.

Kemudian pengambilan sumpah sebagai Presiden Korsel ke-18 dan dilanjutkan dengan pidato Presiden Park.

Duduk disebelah kanan Wapres Boediono adalah Wakil Presiden Vietnam Nguyen Thi Doan, sebelah kanan Wapres Boediono adalah Ibu Herawati Boediono, dan sebelah kiri Ibu Herawati adalah Wakil Presiden Peru Marisol Espinoza Cruz.

Sejumlah pejabat negara asing yang hadir antara lain Menlu Denmark Villy Sovndal, Wakil Presiden Afghanistan Karim Khalili, Wakil PM dan Menkeu Jepang Aso Taro, Gubernur Jenderal Kanada David Lloyd Johnston, PM Thailand Yingluck Shinawatra, serta Menlu Arab Saudi Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan.

Pengamanan acara pelantikan Presiden Park tersebut berlangsung sangat ketat, terlihat dengan banyaknya polisi dan tentara yang berjaga hampir di seluruh jalan di Seoul.

Penjagaan keamanan makin ketat di sekitar lokasi acara pelantikan dan hanya tamu yang terdaftar saja yang diperkenankan memasuki kawasan pelantikan.

Bahkan wartawan lokal dan asing yang ingin meliput acara tersebut juga tak luput dari pemeriksaan yang sangat ketat, dan diharuskan sudah berada di lokasi acara sejak pukul 7.30 waktu setempat atau pukul 5.30 WIB.

Acara diramaikan oleh sejumlah tari dan musik tradisional serta modern Korea Selatan yang menggambarkan semangat patriotik negara itu.

Puluhan ribu masyarakat Korsel juga berkesempatan menghadiri secara langsung pelantikan presiden barunya, sehingga menambah suasana makin ramai.

Usai acara pelantikan, Presiden Park pada malam harinya mengadakan resepsi makan malam bersama dengan Wakil Presiden Boediono, serta tamu negara lain yang hadir dalam acara tersebut.(K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar