About

Information

Jumat, 22 Februari 2013

Ekonomi, Jumat 22 Februari 2013

Jumat, 22 Februari 2013 - 14:18:24 WIB
Jejak DNA Kuda Tak Terindikasi di Produk Indonesia
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Jakarta) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan bahwa produk Nestle yang beredar di Indonesia dianggap aman tak mengandung jejak DNA kuda.

Hal tersebut  dikatakan oleh Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucky S. Slamet, menanggapi kabar bahwa Nestle, perusahaan makanan terbesar di dunia, telah menarik semua produk pasta daging sapi di Italia dan Spanyol karena  setelah uji laboratorium terindikasi jejak DNA kuda.

"Memang ada produk Nestle di tarik di Eropa. Dan produk-produk yang ditarik di Eropa, tapi itu tidak terdaftar di Indonesia. Jadi, saya konfirmasi bahwa di Indonesia aman dari produk-produk tersebut,"ujar Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucky S. Slamet usai peresmian gedung baru BPOM di Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Jakarta, Jalan As’Syafiiyah No. 133, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/02).

Lucky menjelaskan lebih lanjut  terkait pengawasan terhadap produk makanan antara Eropa dengan Indonesia, jelas berbeda.

"Memang bedanya, di Eropa dengan di sini (Indonesia), kalau di sini ada pendaftaran untuk pangan, kalau di luar Negeri kan tidak ada,"ungkapnya.

Lucky menegaskan bahwa semua produk Nestle yang beredar di Indonesia aman dan terdaftar.

Dua produk pasta beku, Buitoni Beef Ravioli dan Beef Tortellini yang ditarik di Italia dan Spanyol baru-baru ini, kata dia, tidak beredar di Indonesia. "Untuk produk bermasalah itu tidak ada (di Indonesia). Tenang saja, aman," pungkasnya.

Seperti diketahui, perusahaan berbasis di Swiss itu menghentikan pengiriman produk mengandung daging dari sebuah pemasok Jerman. Nestle adalah produsen makanan besar paling akhir yang menemukan jejak daging kuda di produk daging sapi.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan, tingkat DNA kuda sangat rendah tetapi di atas persen. Pekan lalu, Nestle mengatakan produk-produk mereka tidak mengandung daging kuda. Nestle menarik dua produk pasta beku, Buitoni Beef Ravioli dan Beef Tortellini di Italia dan Spanyol.

Lasagnes a la Bolognaise Gournandes, sebuah produk beku untuk bisnis katering yang diproduksi di Prancis juga akan ditarik. Seorang juru bicara untuk perusahaan itu mengatakan pada BBC bahwa Nestle telah mengidentifikasi masalah ini dengan pemasok dari Jerman.

Sebuah pernyataan di website Nestle mengidentifikasi pemasok adalah HJ Schypke, seorang sub kontraktor dari JBS Toledo, perusahaan pengolah daging besar.

Nestle kini akan melakukan serangkaian tes pada semua produk daging sapi mereka. Skandal daging kuda ini telah berdampak pada sedikitnya 12 negara Eropa. (K-5/Shilma)

0 komentar:

Posting Komentar