About

Information

Minggu, 03 Februari 2013

Internasional, Minggu 03 Februari 2013

Minggu, 03 Februari 2013 - 01:26:41 WIB
PBB Prihatin Terhadap Kekerasan Tentara Mali
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Bamako) - Penasihat khusus PBB anti genosida memprihatinkan laporan perilaku kekerasan tentara Mali saat menguasai kembali kawasan utara negara itu.

Dalam pernyataannya, utusan PBB Adama Dieng menyatakan "sangat terganggu" terhadap laporan-laporan yang menyebutkan adanya pelanggaran sistematis dan meluas yang diduga dilakukan tentara Mali.

Dia menyebut, apabila tindakan seperti itu betul-betul terjadi secara sistematis, maka termasuk kategori "tindakan kejahatan yang kejam".

Laporan-laporan yang diterima Adama Dieng menyebutkan, tentara Mali diduga merekrut dan mempersenjatai kelompok milisi dari kawasan selatan untuk membunuh orang-orang Arab dan etnis Tuareg di kawasan utara.

Disebutkan, tindakan brutal yang dilakukan tentara Mali itu terjadi di kota-kota seperti Sevare, Mopti, Niono, dan kawasan lain yang dilanda pertempuran di kedua pihak.

Lebih lanjut, Dieng menyatakan dia menyambut baik keputusan Mahkamah Kejahatan Internasional, ICC, yang berencana menyelidiki praktek kekerasan di Mali. Awal pekan ini, pimpinan Jaksa penuntut ICC Fatou Bensouda melontarkan peringatan terhadap dugaan praktek kekerasan oleh tentara Mali.

Sementara itu, puluhan pasukan lapis baja Prancis dilaporan terus bergerak menuju kota Timbuktu dan Gao, yang menurut wartawan BBC Mark Doyle yang melaporkan dari Mali, menunjukkan adanya fase baru dalam pertempuran melawan kelompok militan Islam.

Prancis melancarkan operasi militer bulan lalu setelah munculnya kekhawatiran kelompok militan akan memperluas gerakan ke kawasan selatan. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar