About

Information

Minggu, 03 Februari 2013

Internasional, Minggu 03 Februari 2013

Minggu, 03 Februari 2013 - 01:30:11 WIB
Kedutaan AS di Turki Diserang, 2 Orang Tewas
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Ankara) - Dua orang tewas dalam suatu ledakan di luar Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Ankara, ibukota Turki.

Sedikitnya dua orang lainnya terluka dalam serangan yang menurut pejabat setempat dilakukan oleh pengebom bunuh diri.

Duta Besar AS, Francis Ricciardione, membenarkan bahwa seorang petugas keamanan yang berkebangsaan Turki tewas. Gambar-gambar video menunjukkan kerusakan di pos pemeriksaan, namun tak ada laporan adanya kerusakan di dalam kedutaan.

Saluran televisi Turki, NTV, melaporkan staf kedutaan dipindahkan ke ruangan-ruangan yang aman di dalam gedung. Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku melakukan serangan.

Sejumlah kelompok tak resmi, mulai dari separatis Kurdi, kelompok kiri sampai dengan kelompok Islamis militan beberapa tahun belakangan telah melakukan serangan di Turki, yang merupakan salah satu negara anggota NATO.

Serangan besar terakhir kali terjadi di Ankara pada tahun 2007, yang menewaskan sembilan orang dan melukai 120 lainnya. Menurut para penyelidik dari kepolisian, serangan itu dilakukan oleh seorang pengebom bunuh diri dari kelompok kiri.

Bom bunuh diri

Gubernur setempat, Alaattin Yuksel, mengatakan kepada para wartawan, "Ada dua orang yang tewas dalam pengeboman ini, seorang penjaga keamanan berkebangsaan Turki dan si pelaku pemboman."

Seorang saksi mata, karyawan sebuah biro perjalanan yang berkantor di depan kedutaan, menuturkan dia melihat sebuah mobil ambulans mengangkut mayat dari tempat kejadian.

Kawasan di sekitar kedutaan kini dijaga oleh polisi. Kendati ledakan sangat keras, menurut saksi mata, kerusakan hanya terbatas di dekat terjadinya ledakan. Kedutaan besar AS dijaga sangat ketat, namun telah lama direncanakan akan berpindah ke kawasan lain dengan alasan keamanan. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar