About

Information

Senin, 04 Februari 2013

Internasional, Senin 04 Januari 2013

Senin, 04 Februari 2013 - 07:12:38 WIB
Pemimpin Oposisi Taiwan Mengunjungi Jepang
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Taipei) - Ketua partai oposisi utama Taiwan bertolak ke Jepang guna melakukan kunjungan di tengah sengketa kedaulatan atas wilayah kepulauan di Laut China Timur.

Ketua Partai Progresif Demokratik, Su Tseng-Chang, melakukan kunjungan luar negeri pertamanya sejak pada Mei lalu terpilih menjadi pemimpin partai yang terkenal skeptis terhadap China dan lebih pro pemerintah Tokyo itu.

"Kami memberikan prioritas kepada Jepang, sebagai tetangga yang penting bagi Taiwan serta telah menjalin hubungan bersahabat dengan Taipei," kata partai itu dalam pernyataan.

China, Taiwan, dan Jepang bersengketa wilayah Kepulauan Senkaku. Kapal aktivis Taiwan yang dikawal Pasukan Penjaga Pantai pada bulan lalu berlayar ke perairan sekitar kepulauan tersebut. Pasukan Penjaga Pantai dari kedua pihak bertemu dan sempat bertukar tembakan meriam.

Keretakan hubungan China dan Jepang terkait pulau tersebut semakin memanas dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu terlihat dengan upaya kedua negara menerbangkan jet tempur di wilayah udara kepulauan tersebut guna menegaskan klaim masing-masing.

Su kemungkinan akan bertemu sejumlah tokoh politik serta pakar di Jepang guna membahas sejumlah topik yang luas dalam kunjungan lima harinya, kata Juru Bicara DPP, Lin Chun-hsien.

Lin menolak untuk mengonfirmasi apakah pembicaraan tersebut akan menyentuh isu sensitif seperti sengketa wilayah. Dia mengatakan Su juga tidak berencana menemui Shintaro Ishihara, seorang aktivis sayap kanan dan mantan gubernur Tokyo yang tahun lalu mencoba membeli kepulauan tersebut guna mempertegas klaim Jepang. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar