About

Information

Senin, 04 Februari 2013

Showbiz, Senin 04 Januari 2013

Senin, 04 Februari 2013 - 07:15:42 WIB
Ben Affleck Calon Terkuat Raih Oscar
Diposting Oleh : Administrator 

Komhukum (Los Angeles) - Sutradara sekaligus aktor Ben Affleck memenangi anugerah tertinggi Directors Guild of America (DGA) dari sesama sutradara film Sabtu waktu AS atau Minggu WIB, lewat film garapannya "Argo".

Kemenangan ini membuat film drama penyanderaan di Iran itu menjadi calon terkuat peraih Oscar. Pengakuan para sutradara Hollywood kepada Affleck ini berbalikkan dari langkah Academy of Motion Pictures Arts and Sciences yang tak menominasikan Affleck sebagai calon peraih Oscar kategori Sutradara Terbaik.

Hollywood menganggap ketakterpilihan Affleck sebagai nomini Sutradara Terbaik itu sebagai ejekan terhebat pada ajang Oscar tahun ini. Sejak 1948, hanya enam pemenang DGA yang tidak memenangkan Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik.

"Saya tak bisa apa-apa lagi selain menghormati (pilihan) Academy," kata Affleck usai dianugerahi DGA Award pertamanya itu, seperti dikutip Reuters. Bintang Hollywood yang memproduseri "Argo" ini mengaku sudah sangat puas film besutannya dinominasikan meraih Film Terbaik Oscar. "Anda tak bisa memenangkan semuanya," kata dia.

DGA kerap menjadi indikator utama bagi calon pemenang Oscar mengingat para anggota DGA adalah juga anggota Academy (pemilih Oscar). Oscar untuk Film Terbaik kerap menjadi milik pemenang DGA. Oscar sendiri akan diadakan 24 Februari nanti. Affleck menyisihkan empat sutradara yang semuanya pernah meraih DGA dan Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik.

Di antara mereka adalah Steven Spielberg yang film dramanya berseting Perang Saudara di AS berjudul "Lincoln" juga kalah dari "Argo". Peraih dua Anugerah DGA untuk "Schindler's List" pada 1994 dan "Saving Private Ryan" pada 1999 ini mengantongi 11 nominasi Oscar berkat filmnya "Lincoln".

Tiga sutradara lainnya yang dikalahkan Affleck adalah Kathryn Bigelow yang membuat film perburuan Osama bin Laden "Zero Dark Thirty," Ang Lee lewat "Life of Pi", dan Tom Hooper lewat film musikal "Les Miserables".  

Sepanjang musim ini Affleck telah memenangkan Golden Globe untuk kategori Sutradara Terbaik, sedangkan filmnya "Argo" memenangi Drama Terbaik. Film ini kemudian mendapat pula Anugerah Screen Actors Guild. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar