About

Information

Kamis, 07 Februari 2013

Nasional ( Kriminal ), Kamis 07 Februari 2013

Kamis, 07 Februari 2013 - 15:00:02 WIB
Polda Metro Duga Ada Kelompok Penampung Penjualan Bayi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kriminal 


Komhukum (Jakarta) - Polda Metro Jaya terus mengusut sindikat perdagangan bayi di Jakarta Barat yang berhasil terkuak beberapa waktu lalu. Polda meyakini ada kelompok lain yang bertugas menampung bayi-bayi tak berdosa yang baru dilahirkan itu.

Dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto kecurigaan penyidik adanya indikasi kelompok penampung lain, terlihat dari sisi harga jual bayi.

"Orang tua bayi diberi insentif Rp. 7 juta sampai Rp. 20 juta, ditambah biaya persalinan. Kalau anak sehat, cakep, montok harganya bisa Rp. 20 sampai Rp. 40 juta ," kata Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Kamis (7/02).

Kalau ternyata bayi yang dilahirkan kurang sehat, maka akan dirawat terlebih dulu hingga sembuh baru kemudian dipasarkan. "Kalau sampai langkah selanjutnya, bisa sampai Rp. 80 juta, tergantung kondisi bayi," imbuhnya.

Sementara itu dari tujuh tersangka yang sudah diamankan polisi beberapa waktu lalu dari berbagai tempat, diketahui pula mereka berasal dari berbagai profesi yaitu mantan bidan, dukung beranak dan perantara. Dan mereka merupakan satu kelompok yang berada di hulu.

"Mereka ini ada yang ditempatkan di klinik bersalin, ada yang bertemu orang tua yang akan bersalin dari golongan tak mampu. Lalu nantinya setelah ada kesepakatan, bayinya akan mereka ambil dengan dalih masa depan akan lebih baik, apalagi diiming-imingi uang dan insentif,"pungkasnya. (K-5/Ida)

0 komentar:

Posting Komentar