About

Information

Selasa, 05 Februari 2013

Nasional ( Kriminal ), Selasa 05 Februari 2013

Selasa, 05 Februari 2013 - 16:24:52 WIB
Tanaman Khat Jadi Mata Pencaharian Warga Cisarua
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kriminal 


Komhukum (Jakarta) - Tanaman khat atau Chata edulis, bahan dasar chatinone, zat narkotika golongan I ditemukan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat ini menjadi  mata pencaharian utama warga.

Salah seorang warga yang menanam tanaman khat, Nanang Surantawijaya alias Jack (47),  mengatakan tanaman itu sudah menjadi mata pencahariannya. Pasalnya menguntungkan bagi pemiliknya.

"Kalau satu kresek kecil Rp. 300.000, medium Rp. 500.000, kalau yang besar Rp. 1,2 juta (ukuran 5 Kg). Jadi  menguntungkan," ujarnya saat dikunjungan BNN di Jalan Pasir Tugu, Kampung Inpres, RT 01 RW 05, Cisarua, Jawa Barat, Selasa (5/02).

Di lahan 300 meter persegi tanaman miliknya Jack menuturkan, bagian yang digunakan untuk diperjualbelikan  adalah bagian pucuk. Pembeli tanaman Khat seluruhnya adalah warga keturunan Timur Tengah yang tengah berlibur di daerah Cisarua. Mereka biasa mendapatkan informasi tentang tanaman Khat dari sopir-sopir travel setempat.

"Kalau lagi musim ramai pas liburan, seminggu saya bisa dapat Rp. 3,5 juta. Sampai sekarang saja enggak habis-habis itu," tuturnya.

Proses tumbuh tanaman Khat tergolong cepat. Jika dipetik di bagian batang, hanya butuh waktu lima hari untuk sang pucuk tumbuh kembali.

Dengan demikian, pemilik tanaman pun bisa memanen pucuk Khat lima hingga enam kali dalam satu bulannya. Pria empat anak tersebut menuturkan, tidak hanya ditanam kampungnya, tanaman tersebut juga tersebar secara merata di kampung-kampung lain di daerah Cisarua. Jika ditotal, Jack memprediksi luas lahan tanaman berbahaya tersebut mencapai dua hingga tiga hektar.

Kini, pasca berita menghebohkan kasus narkoba Raffi Ahmad, lahan seluas 300 meter persegi tersebut telah diberi garis polisi. Oleh sebab itu, Jack dan penggarap lahan lainnya pun berhenti memanen tanaman tersebut. (K-5/Shilma)

0 komentar:

Posting Komentar