About

Information

Senin, 25 Februari 2013

Ribuan Rumah Warga Kutai Timur Terendam Banjir

Senin, 25 Februari 2013 - 08:34:04 WIB
Ribuan Rumah Warga Kutai Timur Terendam Banjir
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Sangatta) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur, H. Zainuddin Aspan, mengatakan sebanyak 4.975 buah rumah warga di empat desa dari dua kecamatan terendam air banjir yang terjadi sejak Jumat (22/02).

Menurut H. Zainuddin Aspan, Minggu (24/02), dari jumlah rumah yang terendam banjir yang berjumlah 4.975 buah rumah dengan sekitar 24 ribu jiwa warga itu, terdapat di kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Sangatta Selatan dengan lima desa dan seratusan lebih RT yang benar-benar terkena dampak banjir.

"Untuk membantu korban banjir yang mencapai ribuan itu, BPBD dan Dinas Sosial telah mendirikan lima lokasi posko dan dapur umum, tersebar di Kabo, Teluk Lingga, Rudina, Mujur Jaya, Patung Burung dan Gunung Tehnik," kata Zainuddin Aspan.

Namun, dikatakan Zainuddin didampingi Sekretaris Muchtar dan Kabid Logistik Kedaruratan dan Peralatan Syafranuddin, meskipun telah disediakan dapur umum dan posko, para korban banjir tidak terlalu berminat datang, karena lebih memilih tetap bertahan di rumah atau ke rumah keluarganya untuk menginap.

Karena warga lebih memilih tetap di rumah meski rumah mereka terendam banjir maka bantuan logistik atau sembako yang disediakan pihak ketiga disalurkan langsung ke rumah-rumah. Saat ini, katanya, pihaknya fokus melakukan monitoring lapangan karena nampaknya kondisi air mulai surut, namun para petugas tetap siaga, seperti polisi, TNI, Tagana, SAR, Rapi, PMI dan petugas medis.

"Kendala kami di lapangan adalah penolakan warga untuk dievakuasi petugas, sebaliknya juga peralatan sangat minim karena hanya mengandalkan bantuan dari BNPB dan BPBD Provinsi Kaltim," ujar Zainuddin di ruang kerjanya, bersama sejumlah pejabat dan stafnya.

Dikatakan, Zainuddin, meski hari libur Minggu, pihaknya tetap masuk karena musibah banjir ini banyak warga masyarakat yang perlu bantuan dan dilayani. Jadi tidak masalah kami kerja untuk mereka. "Selama musibah banjir ini terjadi BPBD Kutai Timur kami membuka pelayanan, baik informasi maupun kebutuhan seperti logistik meskipun terbatas," kata dia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kutai Timur belum memiliki sarana untuk memobilisasi korban di lapangan, sebab hanya bantuan BNPB Pusat dan provinsi yang digunakan. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar