About

Information

Selasa, 05 Februari 2013

Techno, Selasa 05 Februari 2013

Selasa, 05 Februari 2013 - 12:38:17 WIB
Komputer Departemen Energi AS Diretas 
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Washington) - Jaringan komputer di Departemen Energi AS (DOE) diretas pada Januari, tapi tak ada informasi rahasia yang dicuri, demikian laporan media AS, Senin (4/02).

Majalah PC mengatakan di jejaringnya serangan maya tersebut terjadi pada pertengahan Januari, dan mengakibatkan terungkapnya informasi pribadi pegawai serta kontraktor.

Di dalam surel yang dikirim Jumat (1/02) kepada pegawainya, departemen itu mengatakan, "Tim Keamanan Maya Departemen, Kantor Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan serta Kantor Kejaksaan Umum bekerja sama dengan petugas hukum federal guna secara tepat mengumpulkan informasi terperinci mengenai sifat dan lingkup peristiwa tersebut. Mereka juga menilai potensi dampak pada kontraktor serta staf DOE," kata surel itu.

Departemen tersebut menyatakan informasi pribadi yang dapat diidentifikasi mengenai "beberapa ratus" pegawai serta kontraktor "mungkin telah terpengaruh", demikian laporan Xinhua yang dipantau wartawan di Jakarta, Selasa (5/02) pagi.

"Karena pegawai yang terpengaruh sudah dapat diidentifikasi, mereka akan diberitahu dan ditawarkan bantuan mengenai langkah yang dapat mereka lakukan guna melindungi diri mereka dari potensi pencurian identitas," kata departemen tersebut.

Departemen Energi mengatakan departemen itu "sedang melakukan upaya agresif guna mengurangi kemungkinan terulangnya peristiwa ini", termasuk dorongan dalam pemantauan jaringan dan pengerahan "piranti pertahanan khusus untuk melindungi aset sensitif".

Namun departemen tersebut tidak memberi perincian, tapi mendesak semua pegawai agar memberi kode fail dan surel yang meliputi informasi sensitif serta tidak mengirim surel tentang informasi komputer jaringan departemen. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar