About

Information

Selasa, 05 Februari 2013

Nasional ( Kriminal ), Selasa 05 Februari 2013

Selasa, 05 Februari 2013 - 12:47:14 WIB
Tanaman Khat Ditanam di Cisarua Sejak 5 Tahun Lalu
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kriminal 


Komhukum (Jakarta) - Tumbuhan khat atau yang biasa disebut warga sekitar Cisarua gath dalam bahasa latin bernama Catha Edulis merupakan bahan mentah dari senyawa Cathinone.

Induk dari molekul dasar zat selanjutnya dapat diolah dan diurai dengan mengganti beberapa gugusan menjadi methylone, zat yang ditemukan petugas BNN di rumah Raffi Ahmad, saat penggerebekan pada Minggu (27/01) lalu.

Sejumlah informasi menyebut, tanaman ini tumbuh di beberapa pemukiman di Cisarua. Warga setempat menjadikan dedaunan khat sebagai komoditas yang dihargai Rp. 500 ribu per pot kepada ekspatriat terutama dari negara Timur Tengah seperti Yaman.

"Mulai ditanam di Cisarua, sejak lima tahun lalu. Mereka menanam di pagar-pagar rumah. Menurut informasinya orang yang pertama menanam adalah orang Yaman. Permintaan banyak jadinya masyarakat banyak juga yang menanam," jelas Sumirat.

Efek dari Tumbuhan khat ini sendiri sangat membahayakan jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama efeknya akan mengakibatkan gigi hancur, sedangkan efek jangka pendeknya bagi pengguna akan mengalami susah tidur karena tubuh terstimulasi sehingga badan menjadi fit.

Sementara itu, terkait dengan kasus Raffi Ahmad, Sumirat menyatakan hingga kini penyidik BNN masih terus melakukan pemeriksaan dan melengkapi keterangan dari Raffi Ahmad dan tujuh rekan lainnya yang sudah ditetapkan sebagai tersangka untuk dimasukan ke dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang akan dilimpahkan ke kejaksaan.

"Yang pasti BNN akan menyelesaikan semaksimal mungkin berkas perkara ini secepat mungkin," pungkasnya. (K-5/Shilma)

0 komentar:

Posting Komentar