About

Information

Jumat, 08 Februari 2013

Nasional ( Politik ), Jumat 08 Februari 2013

Jumat, 08 Februari 2013 - 10:26:21 WIB
Pemilu 2014, Golkar dan PDIP Bakal Bersaing Ketat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) – Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diprediksi bakal bersaing ketat dalam Pemilu 2014 mendatang.

Pasalnya, Elektabilitas kedua partai yang selalu berada di urutan teratas dalam berbagai survei diyakini bisa menjadi modal keduanya untuk menempati posisi kesatu dan kedua pemenang pemilu.

Pengamat politik UIN, Syarif Hidayatullah Jakarta Saleh Daulay mengatakan, hasil survei-survei saat ini bisa saja menjadi kenyataan. Jika trennya terus meningkat, hasil-hasil survei itu bisa menjadi kenyataan.

Menurut Saleh, Golkar memiliki kelebihan, yakni struktur organisasi yang lengkap dan underbow yang cukup banyak. Kelebihan ini, ujarnya, membuat elektabilitas Golkar selalu tinggi.

”Partai Golkar juga memiliki infrastruktur yang sangat baik. Mereka juga mampu mengelola konflik internal partai. Kepengurusan dan jejaring partainya terbina dengan baik,” ungkap Saleh di Jakarta, Jumat (8/2)

Selain itu, kader Partai Golkar dikenal memiliki pengalaman politik yang cukup dan matang. Mereka punya kader-kader yang sudah sangat matang. Meski demikian, ujar Saleh, keunggulan Golkar ini masih sangat mungkin disusul PDIP.

Jika PDIP mampu membangun konsolidasi dan jaringan di akar rumput, sangat mungkin elektabilitasnya bisa menyalip Golkar. ”Saya kira bisa saja. Tinggal bagaimana PDIP bisa melakukan konsolidasi dan memperbaiki jaringan partai,” ucapnya.

Menurut Saleh, jika PDIP ingin mengungguli elektabilitas Golkar, mereka harus memperkuat basis massanya. Selain itu, isu politik PDIP juga perlu diperkuat. Hal senada diungkapkan Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti. Menurutnya,  Golkar dan PDIP sangat mungkin menduduki posisi kesatu dan kedua pada Pemilu 2014.

”Tampaknya sudah sulit untuk digoyang. Parpol-parpol lain tinggal berebut posisi ketiga dan seterusnya, PDIP, bisa saja mengungguli Golkar mengingat kinerja partai ini di daerah terbilang bagus," pungkasnya. (K-4/Roy)

0 komentar:

Posting Komentar