About

Information

Jumat, 22 Februari 2013

Nasional ( Politik ), Jumat 22 Februari 2013

Jumat, 22 Februari 2013 - 08:51:50 WIB
Alasan Tahun Politik, Anggota DPR Sering Mangkir
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) – Memasuki tahun politik menjelang Pemilu 2014, bukan hanya kinerja pemerintah yang mengendur. Kehadiran anggota DPR di Senayan pun menurun akibat fokus para politikus mulai bergeser untuk kepentingan pemilu di Partainya.

Hal itu terlihat, dari banyaknya agenda partai politik (parpol) ke daerah yang sangat berpengaruh pada aktivitas di Gedung DPR. Dinamika yang berkembang saat ini juga lebih diramaikan kerja-kerja politik di luar tugas kedewanan.

Seperti yang terlihat pada Rabu kemarin (20/2), beberapa agenda rapat komisi dibatalkan akibat minimnya kehadiran anggota DPR. Halnya dengan Komisi II yang seharusnya menggelar rapat Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) melakukan pembatalan karena empat unsur pimpinan tidak datang.

“Empat pimpinan sedang berada di luar,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR Abdul Hakam Naja saat ditanya soal keberadaan pimpinan Komisi II kemarin. Selain Hakam, tiga pimpinan Komisi II lainnya adalah Agun Gunanjar Sudarsa sebagai ketua serta dua wakil ketua, Ganjar Pranowo dan Taufik Effendy.

Pembatalan rapat terjadi selain di komisi II juga di Komisi VIII DPR. Komisi yang membidangi masalah sosial dan keagamaan ini sedianya menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Dirjen Bimas Kristen, Dirjen Bimas Katolik, Dirjen Bimas Hindu dan Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama juga di batalkan.

RDPU yang diagendakan untuk membahas evaluasi pelaksanaan APBN tahun anggaran 2012 ditunda dengan alasan Komisi VIII DPR baru menerima bahan rapat hari itu juga. Namun, apa alasan sebenarnya penundaan itu tidak begitu jelas. Sebab, meski yang disampaikan adalah bahan materi rapat, kenyataan di ruangan memang yang hadir kurang dari 10 anggota. 

Bahkan, yang membuka rapat sebelum diputuskan ditunda bukanlah pimpinan Komisi VIII DPR, melainkan anggota Komisi VIII DPR Ahmad Baghowi. “Di tahun 2013 ini memang terlihat ada penurunan kehadiran anggota. Itu menjadi tantangan bagi pimpinan,” kata Wakil Ketua DPR Pramono Anung Wibowo di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. (K-4/Roy)

0 komentar:

Posting Komentar