About

Information

Jumat, 22 Februari 2013

Nasional ( Politik ), Jumat 22 Februari 2013

Jumat, 22 Februari 2013 - 08:54:01 WIB
Anggota DPR Sering Bolos, Banyak UU Belum Selesai
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Dari pantauan, di Gedung Nusantara I DPR yang biasanya ramai hilir mudik anggota DPR kemarin terlihat sepi. Suasana sepi juga tampak di komisi-komisi dan ruang alat kelengkapan. Kegiatan di gedung wakil rakyat itu hanya terlihat di ruang Badan Legislasi (Baleg) dan Komisi I DPR.

Menurut wakil ketua DPR RI Pramono Anung, pihaknya sering mengingatkan dan sudah beberapa kali melakukan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi, pimpinan komisi dan alat kelengkapan, serta pimpinan Badan Kehormatan (BK) DPR untuk mengantisipasi masalah kehadiran anggota DPR.

Kinerja anggota Dewan yang paling terlihat minim, kata Pramono, adalah di bidang legislasi. Untuk masa persidangan saat ini saja DPR harus menyelesaikan 16 RUU. Sementara total RUU yang harus disahkan menjadi UU selama 2013 ini ada 70 RUU.

Namun, penyelesaian 70 RUU yang masuk program legislasi nasional (prolegnas) ini diragukan. Sebab, pada 2012 saja DPR hanya menyelesaikan 30 RUU dari 69 RUU yang masuk prolegnas. Meski demikian, Pramono tetap optimistis. Syaratnya, kehadiran para anggota Dewan untuk membahas RUU sangat diperlukan.

Karena itu, pimpinan DPR akan kembali mengingatkan ke semua pimpinan fraksi agar meningkatkan produktivitas anggotanya di DPR. Pimpinan DPR, kata Pramono, juga sudah melakukan berkoordinasi dengan BK DPR agar tegas dalam menegakkan kode etik dan memberikan sanksi bagi yang melakukan pelanggaran tata tertib, termasuk masalah absensi kehadiran. (K-4/Roy)

0 komentar:

Posting Komentar