About

Information

Jumat, 22 Februari 2013

Nasional ( Umum ), Jumat 22 Februari 2013

Jumat, 22 Februari 2013 - 09:00:29 WIB
Marzuki: Izin Mall Sumber Kemacetan Harus Dicabut
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Jakarta) - Penerapan sistem ganjil genap yang sebentar lagi akan diberlakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mendapat kritikan dari Ketua DPR RI Marzuki Alie. 

"Jika sistem ini benar-benar dijalankan, yang paling merasakan dampaknya masyarakat kelas menengan ke bawah. Sedangkan orang kaya tidak akan merasakn karen memiliki lebih dari satu kendaraan di rumahnya," ujar Marzuki usai menerima Forum Masyarakat Pembela UU Kabupaten Buton Utara di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (21/2).

Menurutnya, alasan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menerapkan ganjil genap untuk mengurai kepadatan tidak bisa dijadikan alasan. Pasalnya, kemacetan bukan hanya disebabkan banyak kendaraan tapi juga karena banyaknya gedung perkantoran dan mall di daerah-daerah yang padat kendaraan. Oleh karenanya menurut Marzuki, perlu bagi Jokowi untuk membenahi segala perizinan pembangunan mall atau perkantoran yang menjadi biang kemacetan.

"Yang bikin macet kan bukan hanya kendaraan saja, tapi juga keberadaan gedung-gedung perkantoran dan juga mall. Karena itu saya setuju sekali izin mall yang menyebabkan kemacetan itu dibatalkan kalau tidak ada konsekuensi hukumnya," lanjutnya.

Tetpi menurut Marzuki, pembatalan izin pembangunan mall akan mengalami kesulitan apabila izin tersebut dikeluarkan dengan benar, karena efeknya bisa ke perdata.

"Coba Jokowi periksa adakah celah untuk membatalkan hal itu,  kalau izin dikeluarkan aneh, amdalnya dipalsukan, maka itu bisa dijadikan landasan untuk dibatalkan,” tandasnya. (K-2/Bharata)

0 komentar:

Posting Komentar