About

Information

Jumat, 22 Februari 2013

Nasional ( Umum ), Jumat 22 Februari 2013

Jumat, 22 Februari 2013 - 03:42:48 WIB
BNN Gandeng IPNU & IPPNU dalam Upaya P4GN
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 


Komhukum (Jakarta) - Peran Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan IPPNU dalam upaya P4GN yang dianggap sangat potensial, karena secara kelembagaan, organisasi tersebut berada di bawah NU yang merupakan ormas besar dan tersebar di seluruh nusantara.

Oleh karena itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) yang di dukungan Organisasi Masyarakat berbasis Islam, yaitu Nahdlatul Ulama (NU) aktif melaksanakan kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Pada awal tahun 2000-an, NU telah membentuk Jaringan Organisasi Wanita Keagamaan (JOWK), yang melibatkan para tokoh lintas agama. Para pemuka agama ini didorong untuk mengampanyekan bahaya penyalahgunaan narkoba.

NU memiliki komitmen yang kuat dan telah terbukti aktif melaksanakan kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Hingga saat ini, NU tetap mengusung spirit P4GN dengan melakukan serangkaian kegiatan nyata. 

Pada tahun lalu, tepatnya pada 24 Maret 2012, bagian dari ormas NU, yaitu Ikatan Pelajar Puteri Nahdatul Ulama (IPPNU) melakukan Gerakan Laskar 1.000 Pelajar Putri”. Gerakan ini tegas menolak penyalahgunaan narkoba, pornografi dan kekerasan yang kerap kali terjadi di kalangan anak muda.

Sementara itu, organisasi lainnya yang berada di bawah binaan NU, yaitu IPNU juga tidak kalah aktifnya dalam upaya penanggulangan narkoba. Menurut keterangan dari pimpinan pusat IPNU, pada tahun 2012 lalu, pihaknya sudah memiliki lebih dari 40 kader anti penyalahgunaan narkoba yang aktif mengampanyekan bahaya narkoba kepada rekan-rekan sebayanya.

Selain itu, baik IPPNU maupun IPNU merupakan para kader yang memfokuskan kegiatannya dalam hal pembentukan karakter melalui kegiatan yang berorientasi pada kepanduan, kemasyarakatan dan kebangsaan. Hal ini tentu saja selaras dengan program P4GN yang diluncurkan oleh BNN.

Oleh karena itulah, BNN melihat kerja sama yang terjalin dengan kedua organisasi ini akan menjadi langkah yang strategis. Sebagai wujud nyata dan komitmen bersama dalam mengimplentasikan P4GN, pada hari ini dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman, antara BNN dengan IPNU dan IPPNU, Kamis (21/2). (K-4/Shilma)

0 komentar:

Posting Komentar