About

Information

Senin, 25 Februari 2013

Ribuan Tahanan Palestina di Israel Mogok Makan

Senin, 25 Februari 2013 - 06:40:43 WIB
Ribuan Tahanan Palestina di Israel Mogok Makan
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jerusalem) - Sekitar 3.000 warga Palestina yang mendekam di penjara Israel  mogok makan sehari pada Minggu untuk memprotes kematian seorang rekan mereka. "Sekitar 3.000 tahanan mengumumkan bahwa mereka akan menolak makan," kata juru bicara Badan Kepenjaraan Israel Sivan Wizman kepada AFP. "Hanya tidak makan satu hari" tiga kali makan."

Arafat Jaradat, 30 tahun, ayah dua anak dari desa Sair dekat Al Khalil (Hebron) Tepi Barat bagian selatan, meninggal secara mendadak Sabtu di satu penjara Israel. Pihak penjara menyebut penyebab kematiannya adalah penyakit jantung.

Para pemrotes di desa kediamannya dan di beberapa bagian dari kota Al Khalil Ahad melemparkan batu-batu ke pasukan keamanan Israel yang membalasnya dengan menembakkan gas air mata dan granat kejut, kata para saksi mata. Tidak ada segera laporan mengenai korban cedera.

Perhimpunan Para Tahanan Palestina mengatakan jumlah tahanan yang melakukan mogok makan secara terbuka meningkat dari empat menjadi 11 orang. Kematian Jaradat terjadi sehari setelah hampir 100 warga Palestina cedera dalam bentrokan dengan pasukan keamanan Israel dalam demonstrasi di Tepi Barat menuntut pembebasan para pemogok makan.

Satu pernyataan dari kantor Perdana Menteri Palestina Salam Fayyed Sabtu mengatakan ia "menyatakan sangat sedih dan terkejut atas meninggalnya Arafat Jaradat di penjara penjajah Israel itu ". Para penguasa Hamas Jalur Gaza mengatakan tahanan itu meninggal karena "kondisi yang tidak manusiawi di penjara-penjara Israel."

Badan intelijen dalam negeri Israel Shin Bet mengatakan Jaradat ditahanan  karena keterlibatannya dalam insiden pelemparan batu November 2012 yang mencederai seorang tentara Israel. "Setelah makan siang, ketika ia beristrahat di penjara Megindo, Arafat Jaradat sakit. Para dokter dipanggil untuk mengobati dia tetapi tidak dapat menyelamatkan nyawanya," tambahnya. Polisi Israel kini sedang menyelidiki kematian Jaradat itu. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar