About

Information

Selasa, 29 Januari 2013

Ekonomi, Selasa 29 Januari 2013

Selasa, 29 Januari 2013 - 12:45:12 WIB
Indonesia Air Transport Segera Beroperasi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (Pekanbaru) - Maskapai swasta nasional Indonesia Air Transport segera beroperasi di Riau dan menerbangi rute Pekanbaru-Bandung, Jawa Barat, setiap hari terhitung awal Februari 2013 sekaligus meramaikan moda transportasi udara yang sudah ada.

"Kebetulan Bandung dipilih karena pangsa pasar tidak terlalu menumpuk seperti di Jakarta dan mudah-mudahan awal Februari kami segera terbang dengan rute Pekanbaru-Bandung," ujar Station Manager Indonesia Air Tranport Pekanbaru Ericson Pasaribu di Pekanbaru, Selasa (29/1).

Menurut dia, Indonesia Air memilih "home base" berada di Bandung sesuai dengan nama kotanya sebagai kota kembang dan tempat liburan bagi wisatawan domestik maupun luar negeri serta dikenal objek wisata dan berbelanja.

Rute Pekanbaru-Bandung menggunakan konsep penerbangan murah atau low cost carrier dengan pelayanan yang diberikan bersifat premium, sehingga pihaknya menargetkan keterisian penumpang (load factor) pada awal beroperasinya maskapai ini bisa mencapai 60 persen.

Peluncuran Indonesia Air seharusnya dilakukan pada akhir tahun lalu, tapi banyaknya yang harus dipersiapkan seperti aspek pesawat, kemudian masalah perizinan dan lain sebagainya.

Armada pesawat yang sama dipakai untuk rute Pekanbaru-Bandung ada pesawat yang sama untuk Bandung-Balikpapan pergi pulang (pp), kemudian Bandung-Palembang pp, dan Bandung-Medan pp menggunakan Airbus 320.

"Satu pesawat sudah siap terbang dan dua pesawat lagi masi berada di hanggar menunggu proses perizinan dan estimasi kami pada tahun ini empat sampai lima pesawat Airbus 320 sesuai undang-undang penerbagan," katanya.

Indonesia Air Transport bernaung di bawah MNC Group dan salah satu penerbangan yang sudah "go public".  Sebelumnya menggunakan pesawat jenis ATR dengan penerbangan reguler dan penerbangan carter yang disewa oleh perusahaan minyak yang berada di Pulau Kalimantan yang berdiri sejak 1968.

Di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Indonesia Air akan menghadapi saingan yang lebih dulu ada melayani rute Pekanbaru-Bandung tiga kali dalam sepekan yakni Air Asia. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selasa, 29 Januari 2013 - 10:40:51 WIB
Harga Minyak Kembali Naik
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bisnis 


Komhukum (New York) - Harga minyak global berbalik naik tipis pada Senin (Selasa pagi WIB), membalikkan kerugian awal menyusul berita pesanan barang tahan lama yang kuat di konsumen minyak mentah utama Amerika Serikat, kata para dealer.

Tetapi kenaikan harga itu dikekang oleh komentar kepala kartel OPEC yang mengatakan bahwa pasokan minyak mentah berlimpah untuk memenuhi permintaan pada 2013.

Kontrak utama New York, minyak mentah light seet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret, naik 56 sen dari Jumat menjadi menetap di 96,44 dolar AS per barel.

Patokan London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Maret, bertambah 20 sen menjadi 113,48 dolar AS per barel, setelah sebelumnya naik mendekati posisi tertinggi tiga bulan pada 113,80 dolar AS.

Harga dibantu oleh data yang menunjukkan penguatan dalam industri AS pada bulan lalu. Pesanan baru untuk barang-barang manufaktur tahan lama melonjak lebih tinggi pada Desember, didorong oleh lompatan pesanan pesawat komersial, data pemerintah menunjukkan.

Itu adalah kenaikan ketujuh dalam delapan bulan terakhir, setelah naik 0,7 persen pada November, dan jauh di atas kenaikan 1,6 persen yang diperkirakan oleh para analis.

"Kami memiliki estimasi pesanan barang tahan lama yang lumayan untuk Desember, mengalahkan ekspektasi dengan kenaikan bulan-ke-bulan 4,6 persen," kata analis VTB Capital, Andrey Kryuchenkov.

Kryuchenkov mengatakan, Brent "juga menderita pada awal perdagangan dari komentar Sekretaris Jenderal OPEC Abdullah al-Badri tentang pasokan berlimpah pada tahun ini." 

Dalam pidato di London, Badri mengeluhkan spekulasi berlebihan di pasar minyak mentah tahun lalu "meskipun pasar mendapat banyak pasokan, dengan stok minyak mentah OECD di atas rata-rata lima tahun, dan dengan kapasitas cadangan OPEC pada tingkat yang sehat.

"Ke depan hingga 2013, pasar diperkirakan akan tetap mendapat pasokan baik untuk memenuhi perkiraan pertumbuhan permintaan," tambahnya.

Pada Jumat, minyak Brent telah mencapai tertinggi tiga bulan di 113,84 dolar AS didukung melemahnya dolar, data positif Jerman dan meningkatnya optimisme atas prospek ekonomi global.

Akhir pekan ini, fokus pedagang akan beralih ke hasil pertemuan dua hari kebijakan moneter Federal Reserve AS pada Rabu. (K-5/el)

0 komentar:

Posting Komentar