About

Information

Jumat, 18 Januari 2013

Internasional, Jumat 18 Januari 2013

Jumat, 18 Januari 2013 - 06:12:24 WIB
Kepalanya Ditembak, Atletik Meksiko Tewas
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Kota Meksiko) - Peraih medali perak di Olimpiade Sydney 2000 cabang olahraga atletik, Noe Hernandez, menghembuskan napas terakhirnya di perjalanan menuju rumah sakit.

Hernandez diduga mengalami serangan jantung di rumahnya sehingga harus dilarikan ke rumah sakit, seperti yang dikutip dari laman BBC.

Hernandez, yang menduduki juara dua di cabang 20 kilometer jalan, 30 Desember lalu tertembak di kepalanya saat berada di sebuah bar di Meksiko.

Atlet berusia 34 tahun itu mengalami kerusakan di otaknya dan kehilangan hampir seluruh penglihatannya. Akibat aksi penembakan itu, dua orang tewas dan selain hernandez, satu orang lainnya terluka.

Hingga saat ini, pihak kepolisian Meksiko masih mencari tiga orang yang terlibat penambakan yang terjadi di kota Los Reyes La Paz tersebut. Belum ada satu pun yang ditangkap dalam kasus itu. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jumat, 18 Januari 2013 - 06:11:11 WIB
Iran Siap Kerahkan Kapal Perang ke Mediterania
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Moskow) - Iran akan mengerahkan armada kapal perangnya ke Laut Mediterania, kata Kepala Angkatan Laut Laksamana Muda Habibollah Sayyari.

"Armada kapal perang Angkatan Laut ke-24 akan berpatroli di utara Samudra Hindia, Teluk Aden, Bab-el-Mandeb, Laut Merah, Terusan Suez dan Laut Mediterania selama tiga bulan dan bahkan akan berlayar sejauh negara-negara Asia Tenggara," kata Sayyari seperti dikutip oleh Press TV.

Armada kapal perang ke-23 itu akan kembali ke negara itu pekan depan, katanya menambahkan, seperti yang dikutip dari RIA Novosti. Mengacu pada pelatihan angkatan laut baru-baru ini yang dijuluki Velayat 91, Sayyari mengatakan manuver itu menampilkan kemampuan angkatan laut Iran dan kemampuannya untuk menghadapi setiap ancaman terhadap kepentingan Republik Islam tersebut.

Pada Jumat, Angkatan Laut Iran meluncurkan latihan angkatan laut enam hari dengan dijuluki Velayat 91, untuk mempertahankan "perbatasan maritim dan menjaga perdamaian abadi di wilayah tersebut." Pelatihan itu meliputi daerah yang luas, termasuk Selat Hormuz, Laut Oman, utara Samudera Hindia, Teluk Aden dan Selat Bab-el-Mandeb. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jumat, 18 Januari 2013 - 06:10:29 WIB
Oposisi Pakistan Desak Ditetapkannya Tanggal Pemilu
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Islamabad) - Partai oposisi utama Pakistan menyerukan pemerintah untuk segera mengumumkan tanggal bagi pemilihan parlemen untuk mengakhiri ketidakpastian politik saat ini, demikian laporan media lokal.

Pemimpin oposisi utama dan mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif mengundang pemimpin partai oposisi lain untuk meninjau situasi, setelah Mahkamah Agung mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi Perdana Menteri Raja Pervez Ashraf atas dugaan korupsi, dan aksi protes anti-pemerintah yang terus-menerus terjadi di Islamabad yang dipimpin oleh seorang pemimpin agama.

Sharif dan para pemimpin oposisi lainnya mengatakan pada konferensi pers bahwa pengumuman tanggal pemilihan parlemen akan mengakhiri ketidakpastian saat ini. Sharif juga menuntut pembentukan pemerintah sementara untuk menyelenggarakan pemilihan. Dia mendesak Presiden Asif Ali Zardari sekarang untuk bertindak saat situasi tidak ke luar dari kendali, demikian seperti yang dikutip dari Xinhua.

Para pemimpin oposisi menggambarkan aksi duduk di Islamabad sebagai inkonstitusional, dan mengatakan bahwa semua reformasi pemilu harus diperkenalkan melalui parlemen. Pemimpin nasionalis Pashtun, Mehmood Khan Achakzai, mengatakan pada kesempatan itu para pemimpin oposisi telah memutuskan untuk mempertahankan konstitusi dengan biaya berapapun. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jumat, 18 Januari 2013 - 06:09:43 WIB
AS Pertimbangkan Kirim Pasukan ke Mali
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Madrid) - Amerika Serikat masih mempertimbangkan bantuan militer apa yang akan diberikan kepada Prancis dalam memerangi gerilyawan di Mali, tetapi tidak punya rencana mengirim pasukan, kata Menteri Pertahanan Leon Panetta.

"Kami sedang membicarakan di Washington beberapa permintaan yang diajukan untuk memutuskan dengan tepat bantuan apa yang dapat kami berikan," kata Panetta dalam jumpa wartawan bersama dengan Menteri Pertahanan Spanyol Pedro Morenes di Madrid.

Panetta yang sedang melakukan kunjungan seminggu ke Eropa yang mungkin merupakan lawatan terakhirnya sebagai menteri pertahanan mengemukakan kepada wartawan bahwa Pentagon sedang mempertimbangkan untuk memberikan kepada Prancis bantuan-bantuan logistik, intelijen dan penerbangan.

"Tidak ada pertimbangan untuk mengirim pasukan darat AS saat ini," katanya dalam satu jumpa wartawan di Lisabon. Pernyataan-pernyataan Panetta itu diucapakan saat Prancis melancarkan serangan-serangan udara baru pada hari ke lima intervensi militernya di negara Afrika itu.

Paris mengirim ratusan tentara ke Mali dan melancarkan serangan serangan udara di daerah utara negara itu, yang dikuasai tahun lalu oleh satu aliansi gerilyawan Islam. Panetta mengatakan Washington akan melakukan segala apapun untuk menjamin Prancis dapat berhasil melumpuhkan gerakan maju gerilyawan ke ibu kota Mali sampai ECOWAS, kelompok negara-negara Afrika dapat mengerahkan pasukannya,

"Sejauh menyangkut saya, tujuan objektif adalah untuk meyakinkan bahwa kelompk AQIM Al Qaida tidak akan pernah dapat mendirikan satu pangkalan bagi operasi-operasi mereka di Mali atau di tempat-tempat lainnya," kata Panetta mengacu pada cabang Afrika Utara kelopok garis keras itu.

Negara-negara Barat dan regional khawatir gerilyawan itu akan menggunakan Mali utara, satu daerah gurun yang luas dan bergunung-gunung seluas Texas, sebagai satu pangkalan bagi serangan-serangan internasional.

Panetta menolak mengatakan apakah dukungan intelijen AS itu termasuk pesawat pengintai tanpa awak. Seorang pejabat pertahanan mengatakan dukungan logistik sedang dipelajari termasuk pengiriman pesawat pengisi bahan bakar. Dua pejabat mengatakan AS telah berbagi beberap informasi dengan pasukan Prancis dan itu akan dilanjutkan.

Menhan Spanyol Morenes mengatakan sejauh ini Prancis hanya meminta izin terbang di wilayah udara maritimnya, yang Madrid telah izinkan. Ia mengatakan Spanyol akan mempertimbangkan pertmintaan-permintaan lebih lanjut dalam pertemuan para menlu Eropa d Brussels, Kamis.

"Spanyol mendukung operasi Prancis karena kami kira itu perlu untuk mencegah situasi Mali semakim memburuk," kata Morenes dalam jumpa wartawan itu dikutip Reuters. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Obama Desak Soal Pengawasan Senjata Api
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Washington) - Presiden AS Barack Obama pada Rabu meluncurkan desakan terkeras dalam sejarah Amerika Serikat soal pengawasan senjata api dalam upayanya menghindarkan kemungkinan munculnya kembali kasus penembakan massal seperti yang terjadi di sekolah dasar Newtown.

Ia mendesak Kongres agar menyetujui larangan tentang kepemilikan senjata penyerbu serta menyetujui kewajiban diadakannya pemeriksaan latar belakang bagi semua pembeli senjata api.

Dengan menggelar rencana berskala luas untuk tingkat eksekutif maupun legislatif dalam upaya mengatasi kekerasan senjata api, Obama memunculkan benturan keras dengan kelompok pelobi hak milik senjata api yang sangat berpengaruh di AS beserta para pendukung mereka di Kongres, yang akan melawan apa yang mereka lihat sebagai pelanggaran terhadap hak-hak kepemilikan senjata api yang dilindungi oleh undang-undang.

Obama menyampaikan agendanya itu dalam sebuah acara di Gedung Putih di depan hadirin, termasuk keluarga beberapa dari 20 murid sekolah dasar serta enam orang dewasa yang tewas ditembak oleh seorang pria pada 14 Desember di Sekolah Dasar Sandy Hook di Newtown, Connecticut.

"Kita sudah tidak bisa lagi menunda-nunda lebih lama," kata Obama, sambil menjanjikan bahwa ia akan menggunakan segala wewenang yang dimilikinya untuk merealisasikan usul-usul yang diajukannya kepada Kongres.

"Kongres harus segera bertindak," kata Obama, yang diapit oleh anak-anak sekolah.

Menjijikkan Sebagai tanda bagaimana perdebatan soal pengawasan senjata berjalan panas, National Rifle Association mengeluarkan sebuah iklan beberapa jam sebelum Obama mengeluarkan pernyataan.

Iklan tersebut menunjuk Obama sebagai sosok yang munafik dengan membolehkan petugas penjaga rahasia (Secret Service) bersenjata melindungi putri-putrinya.

Pihak Gedung Putih mengecam iklan tersebut sebagai hal "yang menjijikkan".

Obama sebelumnya tidak melakukan banyak hal untuk membuat perubahan menyangkut budaya senjata api Amerika.

Namun, beberapa hari sebelum pelantikannya sebagai presiden untuk periode kedua, ia tampak memiliki tekad yang kuat untuk menegakkan pengawasan terhadap kepemilikan senjata api.

Rencana yang digelarnya adalah mendesak Kongres untuk memperbarui larangan penjualan senjata pemburu yang habis masa berlakunya pada tahun 2004, mewajibkan pemeriksaan latar belakang kriminal semua para pembeli senjata api serta meloloskan undang-undang federal yang baru soal perdagangan senjata api.

Undang-undang tersebut telah sekian lama diharapkan pemberlakuannya oleh para wali kota-kota besar agar wilayahnya bebas dari senjata api dari luar.

Obama juga mengumumkan 23 langkah yang ia inginkan untuk segera dijalankan tanpa harus mendapatkan persetujuan Kongres terlebih dahulu.

Langkah tersebut termasuk meningkatkan sistem yang sudah ada untuk memeriksa latar belakang pembeli senjata, menghapus larangan penelitian oleh federal soal kekerasan senjata, menempatkan lebih banyak pembimbing dan "petugas yang memiliki kapasitas" di sekolah-sekolah serta menyediakan akses yang lebih baik untuk pelayanan kesehatan jiwa.

Obama, yang menyebut peristiwa pembunuhan massal di Newtown sebagai hari paling buruk dalam masa jabatannya sebagai presiden, menatap ke arah hadirin dan mengatakan kepada orang tua salah satu korban Sandy Hook, Grace McDonald (7 tahun), bahwa ia memasang salah satu gambar yang dibuat Grace di ruang pribadinya.

"Setiap saya melihat gambar tersebut, saya teringat Grace dan memikirkan tentang kehidupan yang ia telah jalani dan kehidupan yang seharusnya akan ia jalani, dan terutama saya berpikir tentang bagaimana melindungi sosok-sosok yang paling rentan di antara kita ini, kita harus melakukan tindakan sekarang juga," katanya.

Butir utama dalam langkah-langkah yang diambil Obama adalah desakan untuk memperbarui larangan senjata pemburu seperti yang digunakan militer.

Langkah tersebut tampaknya tidak akan mendapatkan persetujuan karena pihak Republik yang memiliki kendali di Dewan Perwakilan Rakyat diperkirakan akan menentangnya. (K-5/el)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bos Mafia Tewas Tertembak di Moskow
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Moskow) - Seorang gembong penjahat terkenal tewas dalam satu penyergapan di Moskow pada Rabu (16/01), kata polisi.

Aslan Usoyan, juga dikenal sebagai Kakek Khassan, terluka parah ditembak oleh seorang penembak jitu di pusat Moskow dan meninggal di rumah sakit segera sesudahnya.

Penembak jitu itu menembakkan total enam peluru dari sebuah gedung di dekatnya pada saat Usoyan, 75 tahun, berjalan keluar dari satu restoran.

Hanya satu peluru menghantamnya sementara dua lainnya melukai parah seorang wanita pejalan kaki, yang segera dimasukkan ke dalam unit perawatan intensif. Penyerang itu sendiri melarikan diri.

Kakek Khassan berhasil bertahan setidaknya dua upaya pembunuhan sebelumnya untuk mengakhiri hidupnya, satu pada tahun 1998 dan lainnya pada tahun 2010.

Polisi telah menghubungkan serangan itu pada perang antar geng yang sedang berlangsung.

Usoyan, yang menjalani profesinya itu sejak tahun 1960, telah meniti karier di bawah Soviet dan pasca-Soviet.

Dia menguasai sejumlah besar kelompok kejahatan terorganisasi di Kaukasus, wilayah Ural dan Rusia Tengah, khususnya di Moskow dan St Petersburg, serta luar negeri.

Dia telah terlibat dalam perjudian, perdagangan narkoba, penjualan senjata ilegal dan ekstraksi sumber daya mineral. (K-5/el)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gerilyawan Mali Putuskan Jaringan Telekomunikasi
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Bamako) - Gerilyawan Islam Mali memutuskan jaringan telekomunikasi ke kota Gao di utara untuk mencegah penduduk menyampaikan informasi kepada pasukan Prancis dan Mali yang bergerak maju, kata penduduk setempat.

"Mereka memutuskan jaringan telekomunikasi. Mereka menuduh penduduk memberikan informasi kepada tentara-tentara itu," kata seorang penduduk kota penting itu kepada AFP melalui telepon satelit.

Semua komunikasi telepon seluler putus, kata penduduk itu. Serangan-serangan udara Prancis, Minggu, mengusir gerilyawan dari pangkalan-pangkalan mereka di utara dan mereka lari ke daerah gurun yang luas tersebut.

Gao, selama sembilan bulan dikuasai gerilyawan Islam yang memberlakukan hukum Islam yang keras, seperti pemotongan tangan terhadap para pencuri. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PM Jepang Awali Turnya ke Asia Tenggara
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Tokyo) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Rabu (16/1) mengawali lawatannya ke sejumlah negara di Asia Tenggara, yang menjadi perjalanan pertama ke luar negeri sejak menjabat, guna menopang hubungan sebagai penyeimbang China yang semakin percaya diri.

Kunjungan Abe ke Vietnam, Thailand dan Indonesia juga ditujukan untuk memperkuat hubungan dengan ekonomi yang dinamis dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), saat Jepang mencoba untuk menghidupkan kembali perekonomiannya yang lesu.

Pemimpin konservatif itu, yang mulai menjabat pada bulan Desember, pada awalnya mengatakan Washington akan menjadi tujuan pertama tur luar negerinya, namun kesulitan penjadwalan dengan kesibukan Presiden AS Barack Obama tampaknya telah membuat rencana itu tertunda.

Sebelum meninggalkan Tokyo, Abe mengatakan kepada wartawan bahwa ia ingin meningkatkan hubungan dengan negara-negara yang berbagi nilai-nilai yang sama seperti demokrasi dan supremasi hukum. "Saya ingin menjadikan perjalanan pertama saya ke luar negeri kali ini sebagai awal dari diplomasi strategis pemerintah," kata Abe, yang mencetak kemenangan besar dalam pemilihan umum setelah memberikan pendapat keras terkait sengketa wilayah dengan China.

"Saat ini, lingkungan strategis di kawasan Asia-Pasifik akan mengalami perubahan dinamis. Selama perubahan ini, memiliki hubungan dekat dengan negara-negara ASEAN memberikan kontribusi untuk perdamaian dan stabilitas kawasan dan demi kepentingan nasional Jepang," katanya.

Sikap Abe di 2013 sangat kontras dengan sikapnya saat menjabat sebagai perdana menteri pada periode 2006-2007, ketika ia menjadikan China sebagai tujuan pertama tur luar negerinya dalam upaya untuk memperbaiki hubungan yang memburuk oleh pendahulunya Junichiro Koizumi.

Jepang dan China terkunci dalam pertempuran pahit atas kedaulatan kepulauan Senkaku yang dikendalikan Tokyo. Pulau itu disebut Beijing, Diaoyu. Beijing juga terlibat dalam sengketa teritorial sengit dengan Filipina dan Vietnam atas kawasan di Laut China Selatan yang kaya cadangan energi dan ikan. Selama perjalanannya, Abe diperkirakan akan menyampaikan pidato kebijakannya di Jakarta, Jumat (18/1) kata laporan-laporan, seperti yang dikutip oleh AFP. (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar