About

Information

Sabtu, 26 Januari 2013

Techno, Sabtu 26 Januari 2013

Sabtu, 26 Januari 2013 - 07:10:56 WIB
Smartphone Permudah Parkir Kendaraan
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Palembang) - Teknologi `smartphone` (telepon pintar) mempermudah pembayaran parkir secara elektronik pada pusat perbelanjaan.

"Para petugas parkir elektronik yang bergerak menggunakan peralatan berupa smartphone, jadi data kendaraan pengunjung tidak mesti diperoleh dari petugas yang ada di pos pintu keluar," ujar kata Manajer Operasional Gedung Palembang Indah Mal Kausar di Palembang, Jumat (25/1).

Ia melanjutkan, dengan menggunakan peralatan smartphone itu maka pihak ketiga yang dipercayakan mengelola parkir akan mensiagakan petugas tambahan di luar pos.

Petugas itu dapat memotong antrean dengan menawarkan kemudahan berupa pembayaran secara langsung dengan dibekali alat printer portabel. Sehingga, ketika kendaraan melewati pos parkir dapat melalui saja karena semua urusan pembayaran telah terselesaikan sebelumnya.

"Pemilik kendaraan tinggal menunjukkan kertas bukti parkir, lantas pitur pada smartpphone akan membaca barkode secara otomatis. Sehingga dapat diketahui berapa yang harus dibayar berdasarkan lamanya parkir," ujarnya.

Ia menambahkan, pengoperasionalan metode itu telah dilakukan beberapa waktu lalu, namun perlu disosialisasikan ke warga Palembang mengingat sejumlah pengunjung mall masih enggan membayar melalui petugas di luar pos parkir.

"Ada yang kekhawatirannya berlebihan dan menolak ketika ditawari membayar oleh petugas yang mendatangi. Alasannya karena berpikir hal ini ilegal, padahal untuk mempermudah dan mengurangi antrian kendaraan terutama di saat hari libur," ujarnya.

Penggunaan pencatatan parkir secara elektronik telah berlaku di sejumlah kota-kota besar. Palembang yang berkembang ke arah metropolitan pun tak luput dengan teknologi itu. Perhitungan biaya parkir didasarkan lamanya pengunjung memarkir kendaraan roda dua atau roda empatnya.

Kelipatan biaya akan dilakukan setiap jam, yakni dengan penambahan Rp. 1.000 hingga Rp. 2.000. Namun, dalam penerapan itu, kerap terjadi penyalagunaan karena petugas pos yang "nakal" melakukan asal "tembak", padahal lama memarkir kendaraan belum melewati batas kelipatan harga.

"Justru dengan menerima pelayanan petugas di luar pos akan mencegah kecurangan, karena pengendara yang sedang menunggu antre keluar mal akan ditunjukkan jumlah rupiah yang harus dibayar karena produk smartphone yang digunakan petugas telah diinstalasi terlebih dahulu," katanya. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 26 Januari 2013 - 07:09:02 WIB
Acer Perkenalkan Liquid E1
Diposting oleh : Administrator 

Komhukum (Jakarta) - Produsen komputer yang sekarang merambah ke perangkat mobile, Acer, mengenalkan smartphone terbarunya Acer Liquid E1.

Dalam pemberitaan yang dilansir banyak media massa di Eropa dan blog-blog teknologi berpengaruh, disebutkan bahwa Liquid E1 didukung prosesor dual-core 1GHz, 1GB RAM, dan 4GB kapasitas penyimpanan internal.

Ponsel barlayar 4,5 inci resoulusi qHD (960x540 pixel) itu akan menjalankan sistem operasi Android 4.1.1 Jelly Bean. Dilengkapi kamera auto-focus 5MP dengan LED flash di bagian belakang, sementara di depan ada satu kamera video-chat 0.3MP.

Liquid E1 memiliki dimensi 132 x 68,5 x 9,9 mm dengan berat 130 gram, dan baterainya berkapasitas 1760mAh yang diklaim Acer menyimpan daya 8 jam waktu bicara dan 400 jam standby.

Fitur lain yang dimilikinya, antara lain radio FM dan slot kartu microSD. Acer tidak menyebutkan berapa harganya dan kapan ponsel itu bakal tersedia di seluruh pasar di seluruh dunia. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 26 Januari 2013 - 07:08:26 WIB
Huawei dan ZTE Menyusul LG dan HTC
Diposting oleh : Administrator 


Komhukum (Massachusetts) - Pangsa pasar dua produsen ponsel asal China, Huawei dan ZTE, pada kuartal keempat 2012 telah melampaui pangsa pasar LG dan HTC, demikian hasil riset International Data Corporation (IDC) Worldwide Mobile Phone Tracker.

"Fakta bahwa Huawei dan ZTE sekarang berada di daftar lima produsen ponsel pintar menunjukkan pergeseran penting pada pasar global," sebut Manajer Riset tim IDC's Mobile Phone, Ramon Llamas, dalam situs resmi IDC.

Llamas mengatakan kedua produsen ponsel asal China itu mampu meningkatkan jumlah penjualan karena memfokuskan pada pasar pengguna massal. "Tapi, dalam beberapa kuartal terakhir mereka telah mengalihkan perhatian ke perangkat-perangkat yang lebih canggih," kata Llamas.

IDC mencatat pangsa pasar ponsel pintar Huawei di seluruh dunia pada kuartal keempat 2012 sebesar 4,9 persen dengan pengapalan produk sebanyak 10,8 juta unit. Sedangkan pangsa pasar ZTE pada periode itu 4,3 persen dengan pengapalan produk 9,5 juta unit di seluruh dunia.

Meskipun pangsa pasar ponsel pintar di seluruh dunia masih didominasi Samsung dan Apple, pertumbuhan pengapalan produk Huawei tercatat paling tinggi sebesar 89,5 persen pada kuartal keempat 2012 dari kuartal keempat 2011. Sementara pada periode itu, pertumbuhan ponsel pintar ZTE mencapai 48,4 persen atau melebihi pertumbuhan pengapalan iPhone Apple sebesar 29,2 persen. (K-4/EIO)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sabtu, 26 Januari 2013 - 07:07:50 WIB
Lenovo Pertimbangkan Untuk Beli RIM
Diposting oleh : Administrator


Komhukum (Toronto) - Perusahaan komputer Lenovo Group Limited mempertimbangkan untuk membeli perusahaan pembuat BlackBerry, Research In Motion (RIM), melalui strategi merger atau akusisi untuk tingkatkan bisnis perangkat komunikasi genggamnya.

"Kami mencari semua peluang, RIM dan banyak (perusahaan) lain. Kami tidak ragu-ragu jika kesempatan yang tepat telah datang," kata Direktur Keuangan Lenovo, Wong Wai Ming, seperti dikutip Bloomberg dalam World Economic Forum di Davos, Swiss.

Wong mengatakan Lenovo mempunyai tim yang mengerjakan peluang untuk mengakusisi RIM. Perusahaan asal China itu, menurut Wong, juga telah membahas rencananya dengan RIM dan pihak perbankan RIM tentang berbagai kombinasi atau strategi usaha.

Tapi, Wong menolak berkomentar kapan Lenovo akan mengambil keputusan tentang akusisi atau merger RIM. Wong hanya mengatakan akan mempertimbahkan dengan hati-hati tentang penaksiran semua potensi pembelian dan menyebut harga saham RIM telah kembali ke angka dua digit.

Sementara RIM justru menolak menanggapi rencana akuisisi dari Lenovo itu. Juru Bicara RIM, Nick Manning, di Ontario Kanada mengatakan, "Kami tidak mempunyai pembaruan pada tinjauan strategis kami pada saat ini."

Rencana Lenovo untuk membeli RIM akan menghadapi sejumlah kendala dari regulasi Kanada dan AS menyusul ukuran transaksi dan bisnis RIM yang juga melayani kemanan jaringan Internet bergerak untuk badan-badan pemerintah AS dan Kanada.

Menteri Industri Kanada, Christian Paradis, menyebut lebih memilih agar RIM tumbuh "secara organik". (K-4/EIO)

0 komentar:

Posting Komentar