About

Information

Kamis, 28 Maret 2013

Golkar Coret 34 Orang Bakal Caleg

Kamis, 28 Maret 2013 - 11:00:20 WIB
Golkar Coret 34 Orang Bakal Caleg
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik 


Komhukum (Jakarta) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar mencoret 34 orang dari total 64 orang Daftar Bakal Calon Legislatif Sementara (DCS) Sulawesi Selatan untuk duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI).

Ketua DPP Golkar, Nurdin Halid mengatakan, bila dikalkulasi sudah lebih dari 50 persen DCS yang sudah dieliminasi. Karena hasil rapat sementara Koordinator Wilayah Sulawesi DPP Golkar pada Selasa (26/03) malam, dipastikan 34 orang telah dicoret lolos dalam daftar nominasi DCS. Meski demikian Dia enggan menyebutkan identitas ke-34 orang tersebut.

"Finalisasinya untuk penetapan Bacaleg Golkar masuk dalam DCS akan diumumkan 1 April mendatang," tutur Koordinator Wilayah Sulawesi DPP Golkar tersebut, semalam.

Menurutnya, sampai saat ini masih terisa 30 bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang masuk dalam daftar nominasi DCS. Namun jumlah tersebut, masih akan dikurangi menjadi 24 orang.

"Masih ada enam orang akan dikeluarkan, sebab jumlah kuota kursi di DPR RI hanya 24 kursi," ungkap mantan Ketua Umum PSSI ini.

Kendati DPP masih tetap menunggu hasil survei yang dilakukan internal Golkar dan lembaga survei lainnya berdasarkan jumlah 30 bacaleg yang masuk dalam nominasi DCS masuk tetap dilakukan seleksi.

Meskipun survei menjadi salah satu ukuran partai dalam mendorong kadernya duduk menjadi legislator DPR RI, tetapi kata Nurdin tidak menempatkan calegnya semata-mata berdasarkan hasil survei. Sebab menurut dia, masih banyak indikator lainnya kader golkar bisa diusung. Salah satu diantaranya adalah faktor loyalitas dan tidak tercela.

Sedangkan DPD Partai Golkar Kabupaten Purwakarta baru membuka membuka pendaftaran bagi bakal calon legislatif (bacaleg). Sampai saat ini sudah ada 60 orang yang mendaftar ke partai berlambang pohon beringin itu. 

Dari sekian banyak yang mendaftarkan diri sebagai bacaleg, DPP Partai Golkar Kabupaten Purwakarta hanya akan menjaring sebanyak 45 orang. "Karena, yang akan terjaring hanya 45 orang, disesuaikan dengan kursi yang ada di DPRD," kata Ketua DPD Partai Golkar Purwakarta, Syarif Hidayat.

Syarif menyebutkan bacaleg yang sudah mendaftar tersebut seluruhnya adalah kader partai. Selanjutnya, usai masa pendaftaran nantinya akan dilakukan proses seleksi bacaleg. Penyeleksian ini bertujuan untuk mendapatkan bacaleg yang sesuai dengan kriteria Partai Golkar.

Menurut Syarif, bacaleg yang saat ini sudah mendaftar diri kebanyakan wajah-wajah baru. Dengan kata lain, yang tadinya belum menjadi anggota dewan, kini banyak yang nyaleg. (K-5/Roy)

0 komentar:

Posting Komentar